TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Membedakan Tepung Beras dan Tepung Kanji yang Harus Kamu Pahami

Serupa tapi tak sama dalam segala hal

shopee.com - tokopedia.com

Bagi kamu yang doyan masak atau bikin kue, pasti gak asing lagi sama yang namanya tepung. Bahan berwarna putih ini merupakan salah satu bahan paling penting untuk membuat kue atau berbagai masakan.

Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis tepung di pasaran. Salah satunya tepung beras dan tepung kanji atau tepung tapioka.

Meski keduanya sangat mirip, tetapi fungsi dan penggunaannya berbeda, lho. Berikut cara membedakan tepung beras dan tepung kanji atau tapioka, supaya gak salah pemakaian.

1. Bahan baku

biobasics.org - thepioneerwoman.com

Bahan baku membuat kedua tepung ini berbeda. Dari namanya, tepung beras jelas terbuat dari beras yang digiling hingga benar-benar halus.

Sedangkan, tepung kanji atau tapioka terbuat dari sari pati tumbuhan singkong. Untuk membuatnya, singkong dikupas kulitnya, dicuci dan diparut terlebih dulu.

Hasil parutan digilas, dicampur dengan air dan diperas, sehingga butir-butir patinya keluar dan terbawa air. Setelah disaring untuk memisahkan sisa-sisa ampas, air bercampur pati singkong tersebut didiamkan hingga patinya mengendap. Airnya kemudian dibuang dan endapan patinya dijemur hingga kering menjadi tepung.

Baca Juga: Perbedaan Tepung Roti dan Tepung Panir, serta Tips Mengolahnya

2. Bentuk, tekstur, dan warna

nutribullet.com

Meski sama-sama berwarna putih, tetapi tekstur kedua tepung ini cukup berbeda ketika dipegang. Tekstur tepung beras biasanya kenyal dan sedikit liat.

Sedangkan, tekstur tepung kanji atau tapioka biasanya kesat dan ringan. Tepung kanji juga cenderung lebih licin di tangan, sehingga sulit dipegang.

Baca Juga: Perbedaan Tepung Beras dan Tepung Terigu yang Terlihat Sama Saja

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya