Comscore Tracker

Perbedaan Tepung Beras dan Tepung Terigu yang Terlihat Sama Saja

Masakanmu bisa failed kalau salah pilih tepung

Selain digunakan untuk membuat kue, tepung juga sering jadi bahan tambahan membuat berbagai masakan dan lauk pauk. Dari sekian banyak jenis tepung, tepung terigu dan tepung beras yang paling sering dipakai.

Meski sebetulnya berbeda, masih banyak yang menganggapnya sama. Nah, supaya gak salah penggunaan, berikut beberapa perbedaan tepung terigu dan tepung beras yang harus kamu pahami.

1. Terbuat dari bahan dasar yang berbeda

Perbedaan Tepung Beras dan Tepung Terigu yang Terlihat Sama Saja(ilustrasi tepung terigu) foodbusinessnews.com

Perbedaan mendasar dari kedua tepung ini adalah bahan dasarnya. Tepung terigu yang berwarna putih cerah terbuat dari gandum yang digiling. Biasanya terdapat sedikit campuran gluten di dalamnya.

Sedangkan, tepung beras dibuat dari beras merah atau beras putih yang digiling halus. Berbeda dengan tepung terigu, tepung beras tak menggunakan gluten, sehingga termasuk dalam kategori tepung yang gluten free.

2. Jenisnya pun tak sama, lho

Perbedaan Tepung Beras dan Tepung Terigu yang Terlihat Sama Saja(ilustrasi tepung beras) urbanplatter.in

Banyak yang belum tahu kalau tepung terigu atau tepung beras memiliki beberapa jenis. Tepung terigu terdiri dari tiga jenis, yakni tepung terigu tinggi protein tinggi, tepung terigu protein sedang, dan tepung terigu protein rendah.

Sedangkan, tepung beras terdiri dari dua jenis, yakni tepung beras ketan dan tepung beras non-ketan. Tepung beras ketan terbuat dari beras, tetapi diberikan sedikit campuran beras ketan putih.

3. Terlihat dari tekstur dan aromanya

Perbedaan Tepung Beras dan Tepung Terigu yang Terlihat Sama Saja(ilustrasi tepung beras) businessinsider.com

Perbedaan selanjutnya ada pada tekstur dan aroma tepung. Meski keduanya berwarna putih, teksturnya jelas berbeda. Tekstur tepung terigu yang terbuat dari gandum terasa kasar dengan butiran kecil. Aromanya pun didominasi gandum yang kuat.

Berbeda dengan tepung beras, teksturnya jauh lebih halus dan lembut. Butirannya seragam, tetapi terasa hambar saat dicium.

Baca Juga: 10 Jenis Tepung Paling Populer di Indonesia, Gak Cuma Terigu Lho!

4. Kandungan nutrisi yang berbeda

Perbedaan Tepung Beras dan Tepung Terigu yang Terlihat Sama Saja(ilustrasi tepung terigu) webstaurantstore.com

Kandungan nutrisi dari tepung terigu dan tepung beras pun berbeda. Secangkir tepung beras mengandung 578 kalori, sedangkan tepung terigu hanya 400 kalori. Namun, kedua sama-sama rendah lemak, kok.

Selain itu, keduanya juga mengandung serat, karena terbuat dari bahan nabati. Mengingat tepung terigu terbuat dari gandum, kandungan seratnya tentu lebih tinggi, yakni 12 gram. Sedangkan, tepung beras hanya mengandung 4 gram serat.

5. Fungsi dan kegunaannya

Perbedaan Tepung Beras dan Tepung Terigu yang Terlihat Sama Saja(ilustrasi tepung terigu) unlockfood.ca

Seperti yang kita tahu, tepung terigu terdiri dari tiga jenis yang berbeda. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda pula. Tepung terigu tinggi protein berguna membuat adonan jadi mudah mengembang.

Kemudian, tepung terigu protein sedang cocok digunakan untuk adonan fermentasi, seperti bakpao, donat, onde-onde, dan lainnya. Sedangkan, tepung terigu rendah protein lebih sering dipakai untuk adonan kue kering yang bertekstur renyah.

Sementara itu, tepung beras berfungsi menambah tekstur kenyal pada masakan. Biasanya, tepung ini lebih sering digunakan untuk membuat kue tradisional, seperti nagasari, kue lapis, kue talam, surabi, dan lain-lain.

Itulah beberapa perbedaan tepung terigu dan tepung beras yang harus kamu pahami, supaya gak salah dalam penggunaannya. Kalau salah, bisa-bisa masakanmu failed, lho. Kamu paling sering menggunakan yang mana, nih?

Download aplikasi resep masakan terbaru Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Perbedaan Tepung Roti dan Tepung Panir, serta Tips Mengolahnya

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya