TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Soto Sokaraja, Soto Unik Khas Kota Pinggiran Purwokerto

Menikmati soto dengan citarasa yang berbeda

instagram.com/rajasotolamapurwokerto

Sokaraja merupakan kota pinggiran Purwokerto. Dari Purwokerto, hanya berjarak 8 kilometer ke arah timur untuk menuju kota yang terkenal dengan gethuk gorengnya ini. Selain terkenal dengan gethuk gorengnya yang lezat, Sokaraja juga memiliki hidangan soto yang khas dan disukai banyak orang. Yuk, simak reviewnya berikut ini.

1. Menggunakan ketupat

instagram.com/rajasotolamapurwokerto

Jika soto pada umumnya menggunakan nasi putih, berbeda dengan soto Sokaraja. Soto ini menggunakan ketupat. Ketupat pun tidak dihidangkan secara terpisah, namun dicampur dengan kuah soto, taoge, dan daging. Hal ini yang menjadi salah satu ciri khas soto Sokaraja.

2. Sambal yang terbuat dari kacang

instagram.com/rajasotolamapurwokerto

Bagi kamu pecinta pedas, menyantap soto tentunya wajib menambahkan sambal. Sambal pada Soto Sokaraja terbuat dari kacang dan cabai yang dihaluskan, sehingga semakin menambah rasa gurih dan pedas.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Soto Ayam di Surabaya Selain Cak Har, Bikin Nagih!

3. Kuahnya yang kaya akan rempah-rempah

instagram.com/rajasotolamapurwokerto

Kuah soto Sokaraja menggunakan kaldu ayam atau sapi. Kemudian ditambahkan kunyit untuk mendapatkan warna yang agak kekuningan dan beberapa bumbu lainnya seperti serai, jahe, dan lengkuas yang membuat aroma rempah-rempahnya semakin kuat dan menggugah selera.

4. Ditaburi kerupuk cantir

instagram.com/semarangjajanterus

Soto pada umumnya biasanya menggunakan kerupuk putih dan emping. Berbeda dengan soto Sokaraja yang menggunakan kerupuk cantir atau kerupuk bawang warna-warni. Tentunya tak kalah lezat dari soto pada umumnya!

Baca Juga: 10 Soto Terbaik di Jakarta Versi @365harinyoto, yang Mana Favoritmu?

Verified Writer

Aulia Maharani

find me on ig : auliaamhrni

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya