TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Cumi Goreng Asam, Hidangan Berbuka yang Praktis Banget!

Simpel banget

instagram.com/videomasakan

Cumi merupakan salah sea food yang banyak disukai banyak orang. Secara umum persentasi bagian tubuh yang dapat dimakan adalah sekitar 80%. Selain dikarenakan tidak adanya tulang pada daging cumi-cumi membuat aman untuk dimakan, rasa dan aromanya yang khas serta empuk membuat cumi-cumi banyak diminati.

Cumi dapat diolah menjadi berbagai masakan yang mampu menggugah selerah. Salah satu olahan yang patun dicoba adalah cumi goreng asam. Proses pembuatannya pun praktis sehingga tidak banyak menyita waktumu. Nah berikut resep cumi goreng asam yang wajib dicoba!

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

unsplash.com/Ernesto Andrade
  • 700 gram cumi
  • Asam jawa
  • Saus tiram
  • Garam
  • Gula pasir
  • Lada
  • Minyak goreng
  • Cabe rawit sesuai selera

2. Mencuci Cumi-cumi hingga bersih

unsplash.com/Andrés Medina

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan cumi menggunakan air bersih dengan membuang tintanya Pastikan agar cumi tersebut benar-benar bersih. Setelah itu, cumi ditiriskan. 

Baca Juga: 7 Tips Membersihkan Cumi-cumi Siap Diolah, Bebas Alot!

3. Masak hingga mengental

unsplash.com/Lucy Hinde

Cumi di remas dengan asam jawa dan 100ml air. Setelah itu buang ampasnya. Siapkan wajan lalu masukan cumi kemudian dimasak hingga air meengusut. Tambahkan garam, gula, saus tiram dan lada kemudian aduk sampai mengental. Selelah mengental, tambahkan 2 sendok minyak goreng dan cabe rawit secukupnya.

4. Cara penyajian

instagram.com/videomasakan

Setelah semua bumbu telah tercampur rata dan meresap, cumi kemudian diturunkan. Tuangkan dalam wadah atau piring dengan model yang unik. Hiasi dengan beberapa lembar daun sawi dan juga jeruk nipis agar tampilannya semakin menarik.

Baca Juga: 6 Jenis Potongan pada Cumi-cumi, Mana yang Paling Sering Kamu Pakai?

Verified Writer

Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya