Comscore Tracker

7 Tips Membersihkan Cumi-cumi Siap Diolah, Bebas Alot!

Bebas amis dan tak alot, deh

Mengolah salah satu hidangan seafood ini memang gampang-gampang susah. Pasalnya, keliru dalam memasak justru membuat cumi-cumi menjadi alot dan berbau amis. Tak hanya itu, cumi-cumi tersebut pun harus dibersihkan dengan tepat sebelum diramu ke dalam sebuah resep masakan.

Yuk, simak tips membersihkan cumi-cumi berikut ini! Hidangan kamu dijamin makin sedap mantap, deh.

1. Pastikan cumi-cumi masih segar, lalu cuci bersih

7 Tips Membersihkan Cumi-cumi Siap Diolah, Bebas Alot!epicurious.com

Pastikan cumi-cumi masih dalam kondisi segar. Beberapa cirinya adalah badannya kenyal, bau amisnya tak begitu menusuk, matanya masih cukup jernih, warna kulit airnya tak berubah menjadi ungu tua, hingga bagian tentakelnya belum berubah kekuningan ataupun robek. 

Selanjutnya, cucilah cumi-cumi tersebut hingga bersih. Singkirkan kotoran atau noda yang mungkin menempel di badannya saat dibeli.

2. Pegang ekornya, lalu tarik kepala cumi-cumi

7 Tips Membersihkan Cumi-cumi Siap Diolah, Bebas Alot!womanscribbles.net

Pegang ekor cumi-cumi, lalu tarik bagian kepalanya secara horizontal. Lakukan dengan perlahan, namun pasti. Seiring dengan ditariknya bagian kepala tersebut, akan diikuti kantung kecil berisi tinta hitam.

Jangan sampai memecahkan kantung tersebut supaya tintanya tak berhamburan. Jika terlanjur pecah, lekaslah basuh cumi dengan air mengalir dan pastikan tinta itu terbilas sempurna. Tinta hitam hitam tersebut dapat dibuang, ataupun disisihkan apabila memang hendak mengolah masakan yang menggunakan tinta hitam.

Baca Juga: 6 Cara Asik Mengolah Seledri, Bermanfaat untuk Diet Lho

3. Tarik tulang bening pada badan cumi-cumi

7 Tips Membersihkan Cumi-cumi Siap Diolah, Bebas Alot!panlasangpinoy.com

Selanjutnya, keluarkan tulang bening (transparan) yang terdapat di dalam badan cumi. Caranya, tarik saja tulang tersebut hingga keluar dari badannya. Kemudian, bersihkan bagian dalam cumi-cumi dengan sempurna, kerok lembut apabila diperlukan.

4. Kupas kulit cumi-cumi dengan menariknya

7 Tips Membersihkan Cumi-cumi Siap Diolah, Bebas Alot!goodfood.com.au

Tergantung kebutuhan memasak, kulit cumi-cumi ini dapat dilepaskan ataupun dibiarkan melekat pada badannya. Jika ingin memberi warna kemerahan pada kuah masakan, maka biarkan saja kulitnya. Namun jika ingin dibuang, maka tariklah kulit dari bagian ekor menuju badan. Lakukan dengan hati-hati hingga semua kulitnya terkelupas.

5. Cuci, lalu potong-potong sesuai selera

7 Tips Membersihkan Cumi-cumi Siap Diolah, Bebas Alot!delicious.com.au

Cucilah cumi-cumi hingga bersih, lalu potong-potong sesuai keinginan. Kemudian, bersihkan kembali hingga tak ada bekas tinta hitam yang tersisa. Selanjutnya, tiriskan cuci-cumi tersebut.

6. Lumuri cumi-cumi dengan asam jawa dan garam

7 Tips Membersihkan Cumi-cumi Siap Diolah, Bebas Alot!realfood.tesco.com

Usut punya usut, penggunaan asam jawa rupanya lebih manjur untuk menghilangkan bau amis dibandingkan jeruk nipis ataupun cuka. Nah, campurkanlah asam jawa dan garam hingga merata, lalu lumurkan pada cumi-cumi yang sudah ditiriskan. Alangkah lebih jika sambil diremas-remas, kemudian biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas hingga bersih, dan ditiriskan kembali.

7. Masak cumi-cumi dengan kematangan yang pas

7 Tips Membersihkan Cumi-cumi Siap Diolah, Bebas Alot!delicious.com.au

Supaya teksturnya empuk dan kenyal, maka jangan memasak cumi-cumi terlalu lama. Cukup hingga mulai berubah warna. Pasalnya, jika dimasak terlalu matang, cumi-cumi justru menjadi alot. Sebaliknya, jika dimasak terlalu sebentar, aroma amisnya malah akan lebih pekat.

Tuh, itulah cara membersihkan cumi-cumi supaya olahanmu nanti dapat sedap maksimal.

Baca Juga: 5 Resep Camilan Berbahan Seafood, Cocok untuk Teman Nonton

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You