TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Jenis Keju Khas Quebec yang Paling Populer, Kualitas Super!

Lezatnya bikin nagih!

Oka Cheese (instagram.com/susanhuberart)

Quebec merupakan sebuah provinsi di Kanada yang dikenal akan produk kejunya yang memiliki kualitas premium. Banyaknya jenis keju yang diproduksi di Quebec tidak terlepas dari kebiasaan masyarakatnya yang gemar mengonsumsi keju untuk diolah ke berbagai hidangan lezat. Bahkan ada beberapa keju Quebec yang masuk dalam daftar keju terbaik di dunia.

Terbuat dari susu berkualitas yang kemudian diolah dengan menggunakan teknis khusus. Inilah lima produk keju khas Quebec yang paling populer di kalangan cheese lovers, sebagai berikut:

1. Cantonnier

Cantonnier (instagram.com/plaisirsgourmets)

Kelezatan keju cantonnier membuatnya banyak meraih penghargaan di berbagai kompetisi keju bertaraf internasional. Hal ini dikarenakan tekstur dari cantonnier yang dapat meleleh dengan sempurna sehingga produk keju ini sangat cocok diolah ke berbagai jenis hidangan panggang. Cantonnier terbuat dari susu sapi yang telah melalui proses pasteurisasi untuk menghilangkan bakteri pada susu agar lebih steril.

Sedangkan untuk proses pematangan keju ini membutuhkan waktu berbulan-bulan. Cantoinner mulai diproduksi sejak tahun 1994 di desa Warwick yang terletak di provinsi Quebec.

Baca Juga: 5 Macam Sup Keju Cheddar dengan Isi Sayuran, Maknyus!

2. Alfred le fermier

Alfred le fermier (instagram.com/culturedfinecheese)

Untuk bahan baku pembuatan alfred le fermier menggunakan susu sapi mentah yang diperas langsung dari sapi jenis holstein yang dikenal akan kandungan nutrisinya yang tinggi. Sedangkan nama keju ini diambil dari sang penciptanya yaitu Alfred Bolduc yang berprofesi sebagai petani. Alfred le fermier memiliki tekstur yang padat namun kenyal dengan rasa mirip hazelnut.

Masyarakat Kanada biasanya mengonsumsi langsung keju ini sambil ditemani buah apel atau anggur dan segelas bir. Alfred le fermier sangat mudah dijumpai di supermarket dan pasar tradisional di Kanada.

3. Oka cheese

Oka cheese (instagram.com/iti_barbiere)

Dari segi tampilan, oka cheese mempunyai kulit luar berwarna kuning pucat serta tekstur dalam yang agak keras. Di samping itu, produk keju ini dikenal akan aromanya yang tajam dan rasa seperti buah. Oka cheese dapat dibuat dengan memakai susu sapi mentah atau yang telah dipasteurisasi.

Dibutuhkan waktu selama 30 hingga 60 hari untuk proses pematangan keju ini agar bisa dikonsumsi. Memiliki tekstur semi-keras, oka cheese dapat meleleh dengan baik jika dipanggang.

4. Dore-mi

Dore-mi (instagram.com/thecheesepoet)

Berbeda dengan oka cheese, dore-mi tidak mudah meleleh jika dipanggang. Hal ini dikarenakan keju ini mempunyai tekstur yang lunak dan kenyal. Awal mula penciptaannya terinspirasi dari produk keju asal negara Cyprus, halloumi. Dore-mi terbuat dari susu sapi mentah dan memiliki warna putih segar.

Namun, ada juga beberapa varian keju dore-mi yang dicampurkan dengan rempah-rempah Mediterania sehingga memberikan rasa dan aroma yang otentik. Masyarakat Kanada sering mencampurkan keju ini ke dalam hidangan salad.

Baca Juga: 5 Fakta Churpi, Keju Terkeras di Dunia yang Berasal dari Nepal

Verified Writer

IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya