TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Jenis Sup Jamur Paling Terkenal di Eropa, Kaya Nutrisi!

Bikin ngiler!

Zagorska juha s vrganjima (instagram.com/nicolesimunac)

Jamur merupakan bahan makanan favorit di kalangan masyarakat Eropa yang banyak diolah ke berbagai jenis hidangan lezat salah satunya adalah sup. Beberapa negara di Eropa seperti Italia, Kroasia, Polandia dan lain-lain mempunyai hidangan sup jamur andalannya masing-masing yang menawarkan cita rasa yang khas.

Memiliki tampilan penyajian yang menggugah selera dan cocok dinikmati saat cuaca dingin. Inilah lima hidangan sup jamur paling populer di Eropa, sebagai berikut:

1. Juha od suhih gljiva (Kroasia)

Juha od suhih gljiva (instagram.com/dr_chef_icu)

Juha od suhih gljiva merupakan hidangan tradisional yang berasal dari wilayah Virovitica, Kroasia. Untuk membuat sup ini, kamu harus menyiapkan jamur kering sebagai bahan utama. Proses selanjutnya, jamur yang telah dibersihkan dicincang dan direbus terlebih dahulu di dalam air mendidih. Setelah itu, jamur ditumis dengan mentega dan bawang bombay kemudian ditambahkan air dan cuka.

Sup jamur ini dikenal akan cita rasa kuahnya yang sedikit asam yang berasal dari cuka. Sebelum dihidangkan juha od suhih gljiva biasanya dicampurkan dengan krim kental.

2. Chanterelle soup (Finlandia)

Chanterelle soup (instagram.com/fabiana_jzc)

Dibutuhkan teknik khusus saat memasak chanterelle soup agar rasa yang dihasilkan terasa autentik. Sesuai namanya, sup ini memakai jamur jenis chanterelle yang dimasak dengan beberapa bahan-bahan lainnya seperti peterseli, kaldu sayur, mentega, tepung dan bawang bombay. Sedangkan untuk memberikan rasa, chanterelle soup hanya ditambahkan garam dan merica.

Semua bahan-bahan di atas dimasak secara bertahap dengan api yang tidak terlalu besar. Di negara asalnya, Finlandia, chanterelle soup dikenal dengan nama kanttarellikeitto.

Baca Juga: Resep Sup Tomat Homemade, Rasanya Gurih, Asam, Segar!

3. Cobanska krem supa od vrganja (Montenegro)

Cobanska krem supa od vrganja (instagram.com/foodfiesta11)

Berkunjung ke Montenegro jangan lupa mencicipi cobanska krem supa od vrganja yang menjadi hidangan paling populer di negara tersebut. Sup ini dikenal akan tekstur kuahnya yang kental dan memiliki kandungan nutrisi tinggi karena terbuat dari berbagai jenis sayur-sayuran di antaranya jamur porcini, kentang, wortel, seledri dan daun bawang.

Untuk proses pembuatannya, semua sayuran ditumis dengan minyak zaitun di dalam panci lalu masukan air dan tutup bagian atas panci. Setelah tekstur semua sayur menjadi halus tambahkan krim kental dan aduk selama beberapa menit sebelum disajikan.

4. Zagorska juha s vrganjima (Kroasia)

Zagorska juha s vrganjima (instagram.com/prx1985)

Zagorska juha s vrganjima menggunakan jenis jamur boletus yang dikenal akan rasanya yang lezat. Selain itu, sup ini juga ditambahkan dengan produk daging olahan sebagai sumber protein. Untuk bahan-bahan lainnya, kamu harus menyiapkan wortel, kentang, bawang putih, merica, garam, daun salam dan anggur putih.

Bagi masyarakat Kroasia, zagorska juha s vrganjima dapat dijadikan sebagai obat yang ampuh bagi orang yang sedang mabuk berat. Hidangan ini biasanya disajikan dengan roti kering di sampingnya.

Baca Juga: 5 Jenis Sup Khas Guangdong yang Cocok Disantap saat Musim Dingin

Verified Writer

IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya