TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Bahan untuk Menambahkan Aroma pada Chili Oil, Makin Menggugah Selera

Chili oil-mu bakal senikmat buatan restoran

ilustrasi chili oil (pixabay.com/Alexander Fox | PlaNet Fox)

Chili oil sering digunakan sebagai pelengkap makanan khas China, seperti dimsum, claypot nasi, dan lain-lain. Bahan utamanya terbuat dari minyak dan cabai kering. 

Nah, jika kamu ingin membut chili oil sendiri, maka bisa dikreasikan dengan bahan pelengkap lainnya, seperti rempah-rempah. Ada beberapa bahan yang bisa kamu tambahkan untuk membuat chili oil harum dan nikmat. Selengkapnya simak di bawah ini!

1. Daun jeruk

ilustrasi daun jeruk (instagram.com/toni.kristiawan)

Daun jeruk menjadi salah satu tumbuhan yang kerap digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Kamu bisa menambahkan daun jeruk tanpa tulang yang kering ke dalam chili oil. Aroma segar yang khas bisa menambah kenikmatan chili oil. 

2. Daun rosemary

ilustrasi daun rosemary (pixabay.com/A_Different_Perspective)

Daun rosemary merupakan tanaman herbal yang cocok ditambahkan pada chili oil. Aromanya khas seperti pinus, dengan rasa segar seperti lemon dan daun mint. 

3. Bunga lawang

ilustrasi bunga lawang atau kembang lawang (pixabay.com/Kai Reschke)

Bunga lawang ini menghasilkan aroma harum dan rasanya manis. Hal itulah yang membuatnya sering menjadi bahan penyedap untuk masakan Asia, termasuk chili oil. 

Baca Juga: 4 Tips Membuat Chili Oil yang Enak dan Tahan Lama

4. Kulit ayam

Ilustrasi menggoreng kulit ayam (twitter.com/hermawan_devina)

Kamu juga bisa menambahkan kulit ayam pada chili oil. Cukup tambahkan 100 gram kulit ayam kering ke dalam bahan chili oil, lalu masak hingga matang. Ini akan menambah rasa gurih yang nikmat. 

5. Daun kari

daun kari (pixabay.com/tanuj_handa-5848532)

Daun kari merupakan bagian dari pohon kari asal India. Rempah ini juga cocok ditambahkan pada chili oil, karena memiliki cita rasa dan aroma khas seperti jeruk yang segar. 

6. Minyak wijen

ilustrasi minyak wijen (pixabay.com/Silvia)

Minyak wijen rasanya sedikit pedas dengan aroma minyak yang sangat khas dan kuat, sehingga cocok menjadi bahan tambahan aroma chili oil. Cukup gunakan sedikit biar aroma dan rasanya gak mendominasi makanan. 

7. Bawang putih

Ilustrasi mengiris bawang putih untuk membuat kacang bawang (youtube.com/Indoculinaire Hunter)

Bawang putih dapat dicampurkan ke dalam chili oil, karena bisa menambah rasa gurih. Cincang kasar bawang putih, lalu goreng hingga kering.

Baca Juga: 10 Langkah Menyimpan Chili Oil supaya Kelezatannya Terjaga

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya