TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Makanan Khas Indonesia Berbahan Jeroan Paling Enak, Ada Favoritmu?

Mulai dari yang rasanya pedas hingga manis legit

instagram.com/nongkrong_surabaya

Mungkin sebagian orang menganggap olahan jeroan itu agak menjijikkan. Namun, banyak pula yang menyukai makanan ini.

Bahkan beberapa orang lebih menyukai jeroan karena rasanya cenderung gurih dibanding daging. Gak heran kalau olahan jeroan di Indonesia sangat populer, di antaranya seperti di bawah ini.

1. Sate usus

instagram.com/happysunday400

Salah satu olahan usus yang paling familiar adalah sate usus. Makanan ini bisa kita temukan di penjual bubur ayam atau angkringan. Selain diolah menjadi sate, makanan ini juga diolah menjadi oseng usus dan bacem usus. 

2. Sego babat

instagram.com/nongkrong_surabaya

Sego babat atau nasi babat terdiri dari nasi putih, babat, paru sapi, usus sapi, serundeng, dan sambal. Sego babat paling sering ditemukan di Surabaya. Perpaduan bumbu dan jeroan yang gurih dijamin bikin kamu pengin tambah lagi. 

3. Gulai otak

instagram.com/sabanajayabintaro

Mungkin kamu akan membayangkan yang aneh-aneh saat melihat makanan ini. Padahal gulai otak rasanya sangat nikmat, lho. Makanan khas Padang ini terbuat dari otak sapi dengan kuah gulai yang kental dan gurih. 

4. Balado ati ampela

instagram.com/kulinermojo

Selain diolah menjadi sate, ati ampela juga cocok dipadukan dengan bumbu balado. Sebelum diolah, biasanya ati ampela direbus terlebih dahulu supaya empuk dan baunya hilang. Paling enak disantap dengan nasi putih hangat, nih.

Baca Juga: 6 Tips Mengolah Jeroan Kambing biar Gak Bau Prengus, Jadi Lebih Nikmat

5. Dendeng paru

instagram.com/dendeng_burestu

Makanan khas Padang yang gak kalah populer lainnya yakni dendeng paru. Olahan daging sapi yang digepuk hingga pipih ini rasanya endeus banget. Bumbunya meresap saat diolah, ditambah dengan bumbu cabai yang diolah kasar. 

6. Oseng torpedo

pinterest.com/diahdidi

Torpedo merupakan kelamin kambing atau sapi. Mungkin kamu akan merasa jijik saat melihatnya. Namun, saat mencobanya, bisa jadi kamu akan ketagihan. Biasanya diolah menjadi sate atau oseng torpedo yang pedas seperti ini. 

7. Sate uritan

instagram.com/semarangfoodgram

Sate kali ini berbeda dari sate pada umumnya. Sate uritan terbuat dari bakal telur ayam atau telur muda. Bentuknya bulat kecil berwarna kuning. Biasanya dibakar terlebih dahulu, lalu diberi bumbu kacang dan kecap. 

Baca Juga: 10 Kreasi Olahan Jeroan yang Populer di Italia, Berani Coba?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya