TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dikenal Lebih Menyehatkan, Ini 5 Kelebihan Makanan Organik 

Lebih enak dan segar daripada makanan konvensional

theecologist.org

Makanan organik merupakan makanan yang diproduksi dengan menggunakan metode standar pertanian organik. Pertanian organik menampilkan praktik yang mempromosikan keseimbangan okologi dan keanekaragaman hayati. Makanan organik terdiri dari berbagai macam jenis lho, yaitu buah-buahan, sayuran, daging, produk susu, dan makanan bayi.

Banyak orang beranggapan bahwa, makanan organik lebih menyehatkan daripada makanan konvensional (non organik) lho, mengapa? Karena proses produksi makanan organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia, seperti produksi makanan konvensional, yang menggunakan bahan kimia selama proses produksi dan pengolahan hasil pertanian.

Selain itu, kualitas rasa dan makanan juga lebih baik daripada makanan konvensional lho, karena tidak menggunakan pengawet, lebih segar, dan tidak dibekukan seperti halnya makanan konvensional. Nah, agar kamu tidak ragu-ragu lagi mengonsumsi makanan organik, kamu bisa simak lima ulasan berikut tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh makanan organik. Baca sampai habis ya!

1. Memiliki dampak antioksidan yang lebih besar daripada makanan konvensional (non organik)

geneticliteracyproject.org

Kelebihan pertama dari makanan organik adalah memiliki dampak antioksidan yang lebih besar pada tubuh, daripada makanan konvensional. Beberapa peneliti yang melakukan penelitian mengenai efek antioksidan pada makanan organik terhadap kondisi kesehatan, menemukan fakta bahwa, antioksidan memiliki dampak yang sangat besar pada makanan organik, dibandingkan dengan makanan konvensional. Hal tersebut terjadi karena bahan kimia asing tidak memiliki dampak yang negatif pada berbagai macam vitamin, mineral, dan senyawa pada makanan organik.

Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan organik, dapat meningkatkan asupan antioksidan seperti yang diinginkan, serta juga dapat mengurangi paparan dari logam berat yang beracun.

2. Mencegah resistensi antibiotik

prideofmaui.com

Kelebihan kedua dari makanan organik adalah mencegah resistensi antibiotik. Resistensi antibiotik terjadi saat bakteri berubah dalam menanggapi obat-obatan, yang disebabkan oleh penyalahgunaan dan penggunaan antibiotik secara berlebihan. Seseorang biasanya mengonsumsi obat antibiotik jika sedang sakit, yang biasanya juga mengonsumsi makanan konvensional, karena mudah didapat.

Padahal, sumber makanan konvensional, terutama hewan ternak, juga menggunakan antibiotik lho pada makanannya. Nah, dosis ekstra antibiotik ini lah yang akan memicu terjadinya resistensi antibiotik, yang nantinya bisa menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh, sehingga akan memperlambat penyembuhan. Berbeda dengan makanan organik, yang petani sapinya tidak menggunakan antibiotik pada makanan hewan ternaknya, sehingga dapat mengurangi resiko resistensi antibiotik.

3. Kadar residu pestisida yang lebih rendah

foodrevolution.org

Nah, ini dia salah satu kelebihan terbesar dari makanan organik, yaitu kadar residu pestisidanya lebih rendah daripada makanan konvensional. Makanan organik memiliki residu, karena pestisida digunakan untuk tanaman organik, agar tanaman tidak diserang serangga. Namun jangan khawatir, karena kadar residu pestisidanya lebih rendah dibandingkan dengan makanan konvensional.

4. Mengandung lebih banyak nutrisi

sunshinefoodandvitamin.com

Selain memiliki dampak besar terhadap antioksidan, makanan organik juga kaya akan nutrisi lho. Penitian menunjukkan fakta bahwa, makanan organik mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, dan zat besi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita.

Baca Juga: 5 Makanan yang Gak Boleh Disimpan Di Kulkas, Catat Ya!

Verified Writer

Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya