TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sumber Protein Sebelum Olahraga untuk Vegetarian

Vegetarian masih bisa makan protein selain dari daging

Ilustrasi vegetarian (Pexels.com/Gustavo Fring)

Agar olahraga maksimal, makanan sehari-harimu harus mengandung protein dan zat besi. Daging merah bisa dibilang sumber protein yang baik. Namun, lain ceritanya jika kamu adalah vegetarian.

Lalu, bagaimana caranya memenuhi kebutuhan protein sebelum olahraga untuk vegetarian? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Tahu, yogurt, dan selai kacang

Ilustrasi tahu (Pexels.com/ Polina Tankilevitch)

Kesulitan memenuhi kebutuhan protein pada vegetarian, sebenarnya bisa diatasi. Ada beberapa sumber protein ramah vegetarian seperti tahu, yogurt, dan selai kacang.

Di samping itu, masih ada susu serta keju. Semuanya mudah dicari dan bisa dibeli dengan harga yang relatif terjangkau, bukan?

Baca Juga: 5 Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi, Tak Kalah dengan Telur 

2. Sereal whole grain, sayuran hijau, lentil, dan buah kering

Ilustrasi sayuran hijau (Pexels.com/Damir Mijailovic)

Selain protein, vegetarian tentunya membutuhkan asupan zat besi pula. Memang, daging merah menjadi sumber zat besi yang terbanyak. Apalagi, kandungan zat besi di dalamnya memang mudah diserap tubuh.

Namun, tidak perlu berkecil hati. Meski zat besi dalam sayuran sulit dicerna, kamu bisa menyantapnya secara bervariasi dengan sumber lain, seperti sereal whole grain, sayuran hijau, lentil, dan buah-buahan kering.

3. Jeruk dan sereal whole grain

Ilustrasi jeruk (Pexels.com/Cup of Couple)

Maksimalkan penyerapan zat besi dalam tubuhmu dengan vitamin C. Ada beberapa alternatif yang bisa kamu coba.

Misalnya, konsumsi jeruk dengan sereal whole grain yang diperkaya zat besi. Kamu juga bisa menikmati jus jeruk bersama selai kacang.

Kamu juga perlu mengantisipasi makanan yang bisa mengganggu penyerapan zat besi di dalam usus. Kopi, bayam, dan polong-polongan adalah tiga jenis makanan yang perlu kamu awasi. Penting untuk mengombinasikannya dengan vitamin agar zat besi tetap terserap.

4. Telur, keju, susu sapi

Ilustrasi telur (Pexels.com/Cup of Couple)

Vitamin B-12 juga jadi salah satu zat penting bagi tubuh. Sayangnya, vitamin ini hanya terdapat pada produk nonvegetarian.

Namun, tetap ada solusi bagi kalian yang tidak makan daging. Para vegetarian bisa memperolehnya dari telur, keju, susu sapi, yogurt, susu kedelai, atau sereal yang diperkaya vitamin B-12.

Baca Juga: 5 Alasan yang Membuat Vegetarian Bisa Lebih Panjang Umur

Verified Writer

Febriyanti Revitasari

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya