TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kue Tradisional Indonesia, Camilan yang Dirindukan Anak 90an

Memiliki rasa yang super enak

instagram.com/prayogibnp

Indonesia dikenal sebagai negeri yang kaya akan budaya dan kulinernya. Setiap daerah akan memiliki kuliner masing-masing yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Juga, setiap daerah memiliki kue tradisional yang berbeda-beda namun semuanya begitu menggugah selera. Kue-kue tersebut sudah ada sejak tahun 90an dan masih ada sampai saat ini.

Berikut ini 5 kue tradisional yang dirindukan anak 90an!

1. Nagasari

instagram.com/pudingkueku

Nagasari merupakan kue yang juga dibungkus dengan daun pisang. Nagasari terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan garam. Isi nagasari adalah pisang kemudian dibungkus dalam daun pisang dan dimasak kukus hingga matang. Rasanya yang khas membuat kue ini sangat digemari anak-anak sepanjang masa.

Baca Juga: Ini Beda Lemper dan Arem-arem, Kue Tradisional Lezat yang Dikira Sama

2. Kue putu

instagram.com/wakeuphomestay

Ada ciri khas tersendiri dari kue putu. Saat memasaknya, kamu akan mendengar suara "ngiiing" yang cukup menggangu pendengaran. Tapi, kalau sudah mencium aroma putu yang mulai matang, kami akan lupa pada suara tersebut.

Kue putu terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, garam, dengan isian gula merah di dalamnya. Agar rasa kue putu semakin gurih, biasanya akan ditambahkan taburan kelapa parut di atasnya.

3. Geplak

instagram.com/yullyfitri

Ini adalah satu lagi kue tradisional yang terbuat dari kelapa parut, geplak. Geplak merupakan kue tradisional khas Yogyakarta. Bahan untuk membuat geplak antara lain tepung beras, gula pasir, gula merah, dan kelapa parut.

Agar warnanya makin menarik, biasanya akan ditambahkan pewarna makanan pada geplak.

4. Lemper

instagram.com/babehmedan

Siapapun pasti sudah kenal baik dengan kue tradisional yang satu ini. Lemper dibungkus dengan daun pisang. Lemper terbuat dari beras ketan yang di dalamnya diberi isian ayam, serundeng atau abon.

Lemper menjadi jajanan yang umum ditemukan saat acara selamatan, syukuran, pernikahan, atau arisan.

Baca Juga: 5 Fakta Lapis Legit, Kue Tradisional Indonesia yang Lezatnya Mendunia

Verified Writer

Fika Faot

English student in Undana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya