TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Fakta Unik tentang Cilok, Ternyata Banyak Manfaatnya Lho!

Tapi jangan kebanyakan saus sambal juga ya

instagram.com/jajanankekinian_bdl

Cilok, salah satu street food yang paling sering kita jumpai di depan sekolah atau tempat umum. Walaupun simpel dan murah, ternyata cilok punya banyak manfaat, lho!

Yuk, kita cari tahu tujuh fakta unik cilok di bawah ini!

1. Berasal dari Jawa Barat

youtube.com/IDNtv

Jadi salah satu street food terkenal di Indonesia, kamu bisa menemukan cilok di mana-mana. Asli dari tanah Sunda, cilok merupakan singkatan dari aci dicolok.

Memiliki tekstur yang kenyal, bahan utama cilok adalah tepung tapioka atau kanji. Bentuknya yang bulat seperti bakso bisa jadi pengganjal perut, nih.

2. Melancarkan sistem pencernaan

popsci.com

Tepung tapioka yang terkandung dalam cilok kaya akan zat besi, selenium, kalsium, asam folat, serat, tembaga, dan vitamin B6. Kandungan serat yang ada di dalamnya dapat melancarkan sistem pencernaan, bahkan mencegah kanker usus besar. Wow!

Eits, tapi jangan kebanyakan juga ya, karena bisa menyebabkan diare. Hayoo..siapa yang suka nambah porsi berkali-kali?

3. Menyehatkan tulang

pexels.com/Zsolt Joo

Kandungan zat besi, kalsium, dan vitamin K yang terkandung dalam tepung tapioka bagus untuk kesehatan tulang, lho. Selain itu, protein yang terkandung dalam cilok bisa membantu memenuhi kebutuhan protein harian kamu. 

Baca Juga: 10 Fakta Unik tentang Susu Gandum yang Gak Banyak Orang Tahu

4. Mencegah anemia

westchesterhealth.com

Gak cuma buat tulang, zat besi dalam tepung tapioka juga bisa mencegah anemia. Bikin semangat terus! Jadi gak perlu obat penambah darah, deh!

5. Menjaga tekanan darah

rawpixel.com

Tepung tapioka dalam cilok juga mengandung kalium. Kandungan tersebut bagus banget untuk menurunkan stres pada pembuluh darah. Tubuh jadi lebih seimbang, deh.

6. Beda daerah, beda bumbu

instagram.com/jajanankekinian_bdl

Di daerah aslinya, cilok disiram saus kacang. Sedangkan, di daerah lain menggunakan bumbu yang berbeda. Ada yang disiram dengan kuah kaldu atau kuah pedas, ada juga yang hanya ditaburi bumbu tabur. Cara pengolahannya pun beragam, ada yang direbus, digoreng, dan dibakar. Enak banget!

Baca Juga: Kenapa Mie Instan Harganya Murah Meriah? Ternyata Ini Alasannya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya