TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Roti Manis Khas Korea Selain Bungeo-ppang, Udah Coba?

Ada dorayaki dan bakpao versi Korea!

bredele.fr

Memakan makanan manis tentunya bisa menaikkan mood seseorang. Di Korea Selatan, terdapat banyak sekali jajanan manis dalam daftarnya. Salah satu yang paling terkenal adalah bungeo-ppang, yang merupakan roti berbentuk ikan dengan isian pasta kacang merah.

Bungeo-ppang sering sekali muncul dalam tayangan televisi Korea, baik itu drama maupun variety show. Di Indonesia, bungeo-ppang juga populer karena mulai banyak yang menjualnya.

Namun, selain bungeo-ppang, Korea Selatan juga punya 6 roti manis lainnya yang gak kalah enak. Penasaran? Mari simak ulasan di bawah ini!

1. Chalbori-ppang

koreainitiative.com

Chalbori-ppang (찰보리빵) adalah salah satu hidangan manis Korea, yang dibuat dengan tepung gandum lalu diisi dengan kacang merah. Roti ini pertama kali dibuat dan dijual pada tahun 2003 di toko roti bernama Danseokga di Gyeongju dan menjadi makanan khas di daerah tersebut.

Bahan yang diperlukan untuk membuat satu roti chalbori khas Gyeongju adalah tepung gandum yang ditanam di ladang di bawah gunung Danseok yang bebas pestisida karena gandum tumbuh di bulan-bulan musim dingin saat hama dan gulma tidak dapat berkembang.

Roti ini sekilas terlihat mirip dengan dorayaki, roti kesukaan Doraemon, kan?

Baca Juga: 6 Makanan Khas Korea Selatan Ini Cocok Buat Dijadikan Buah Tangan Lho

2. Hodugwaja

cocohodo.co.kr

Hodu-gwaja (호두 과자), umumnya diterjemahkan sebagai kue kenari adalah jenis kue yang berasal dari Cheonan, Korea Selatan. Roti manis ini berbentuk kenari dengan isian pasta kacang merah, yang adonan luarnya terbuat dari kenari yang sudah dikuliti dan ditumbuk dan tepung terigu.

Hodu-gwaja pertama kali dibuat pada tahun 1934 oleh Jo Gwigeum dan Sim Boksun, merupakan pasutri yang tinggal di Cheonan. Roti ini dikembangkan karena pengaruh dari salah satu makanan Jepang, karena pada saat itu adalah periode pendudukan Jepang di Korea.

Di luar Cheonan, roti ini dipopulerkan pada tahun 1970-an. Saat ini dijual di sebagian besar wilayah di Korea Selatan termasuk Seoul, dan di kota-kota negara lain, seperti Los Angeles dan San Diego di Amerika Serikat.

3. Hoppang

smedaily.co.kr

Hoppang (호빵) adalah camilan hangat yang dijual di seluruh Korea. Roti ini adalah versi praktis dari Jjinppang (roti kukus) dan biasanya diisi dengan pasta kacang merah yang halus dan manis. Nama Hoppang sebenarnya adalah merek untuk roti kukus Korea yang bernama Jjinppang, yang dikembangkan oleh perusahaan Samlip pada tahun 1970an. Nama merek ini kemudian menjadi nama umum untuk Jjinpang.

Hoppang dibuat ketika Chang-sung Heo mengunjungi Jepang pada tahun 1969. Heo menciptakan Hoppang sebagai produk yang dijual di jalan-jalan Jepang dan dijual di musim dingin.

Tidak hanya pasta kacang merah, Hoppang biasanya juga dijual dengan isian sayuran dan daging, topping pizza, labu, atau buldak (ayam pedas khas Korea).

4. Hwangnam-ppang

blog.naver.com

Hwangnam-ppang (황남빵) atau roti Hwangnam ini dinamai berdasarkan daerah asalnya, Hwangnam-dong, Gyeongju dan juga biasa disebut sebagai roti Gyeongju dan spesialisasi lokal Gyeongju.

Sejak pertama kali dibuat pada tahun 1939, roti ini menjadi populer di seluruh negeri dan diproduksi oleh beberapa perusahaan yang berbeda, yang semuanya berbasis di Gyeongju.

Hwangnam-ppang terbuat dari campuran telur dan tepung terigu, dengan isian kacang merah hampir 70 persen dari kue. Gambar atau hiasan krisan akan dicetak secara tradisional di atasnya. Roti ini telah ditetapkan sebagai "spesialisasi daerah yang luar biasa" (지역 명품) oleh pemerintah Korea.

5. Kkulppang

yorivery.com

Kkulppang (꿀빵) juga dikenal sebagai roti madu, adalah roti yang diisi dengan pasta kacang merah yang dimaniskan. Terdapat berbagai variasi dari roti madu ini, yang masing-masing menjadi makanan khas setempat, yaitu yang lebih lembut dan lebih pulen dibuat di Tongyeong, Provinsi Gyeongsang Selatan, disebut Tongyeong-kkulppang. Sedangkan di kota Jinju, terdapat Jinju-kkulppang yang lebih renyah.

Kkulppang pertama kali dibuat dan dijual pada tahun 1963 oleh Jeong Wonseok di sebuah stand di depan rumahnya di Hangnam-dong, Tongyeong. Untuk membuat Kkulppang, tepung terigu yang diayak kemudian diremas atau dicampur dengan telur untuk membentuk adonan. Adonan kemudian digulung menjadi bola-bola kecil dan diisi dengan pasta kacang merah manis, digoreng dalam minyak sayur, dan kemudian dilapisi dengan sirup dan biji wijen panggang.

Isi untuk Kkulppang selain pasta kacang merah yang khas adalah ubi jalar, kastanye, yuja (buah pomelo) dan teh hijau.

Baca Juga: 7 Variasi Pancake Khas Korea yang Bikin Lidah Bergoyang

Verified Writer

Habibah Abdaliah

Nyctophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya