Comscore Tracker

7 Variasi Pancake Khas Korea yang Bikin Lidah Bergoyang

#ANGPOIN Semua pasti bakal ketagihan

Kalau mendengar kata "pancake", yang ada di bayangan kita pasti makanan yang terbuat dari tepung terigu dan susu serta biasa dimakan ketika sarapan. Tapi di Korea pancake atau jeon dibuat dari bahan yang berbeda. Masyarakat di sana biasa mengolah daging, ikan, dan berbagai macam sayuran untuk dibuat pancake. Pancake dimakan tidak hanya saat sarapan, tetapi juga bisa untuk cemilan atau teman makan nasi.

Pada dasarnya pembuatan jeon ini cukup sederhana. Bahan utamanya dicampur atau baluri adonan tepung terigu dan telur lalu digoreng dengan sedikit minyak. Sekilas memang mirip seperti omelet namun dengan tekstur yang lebih garing. Nah, apa saja variasi pancake khas Korea ini? Yuk, kita simak!

1. Kale Pancake (Kaeil-jangtteok)

7 Variasi Pancake Khas Korea yang Bikin Lidah Bergoyangmaangchi.com

Bahan utama dari jeon ini yaitu kale. Kale diiris tipis-tipis lalu dibumbui dengan gochujang (pasta cabe) dan doenjang (pasta kedelai). Paduan bumbu khas Korea ini akan menciptakan rasa yang gurih dan sedikit pedas. Kalau kurang pedas bisa ditambahkan potongan cabe. Daging atau seafood juga bisa ditambahkan biar makin mantap.

2. Shrimp Pancake (Saeu-jeon)

7 Variasi Pancake Khas Korea yang Bikin Lidah Bergoyangmaangchi.com

Siapa penggemar seafood di sini? Kamu harus coba saeu-jeon. Saeu dalam Bahasa Korea berarti udang. Udang yang sudah dikupas dibaluri adonan tepung bercampur mustard Korea sehingga warnanya kuning. Kamu bisa membaluri udang satu per satu atau menggunakan udang kecil lalu digoreng sehingga membentuk semacam bakwan. Sesuai selera kamu aja ya!

3. Beef Pancake (Seogogi-jeon)

7 Variasi Pancake Khas Korea yang Bikin Lidah Bergoyangmaangchi.com

Daging sapi bagian sirloin yang diolah menjadi jeon memang ga pernah salah. Sirloin diiris tipis, dilapisi tepung berbumbu satu per satu, dan digoreng. Tambahan telur pada adonan tepung semakin menambah gurih pancake ini. Ga heran sih dari anak kecil sampai orang tua pasti bakal suka. Garing di luar tapi lembut dan meaty di dalam.

Baca Juga: Bikin Ngiler, 5 Pancake Khas Rusia Ini Harus Banget Kamu Cicipi

4. Green Onion Pancake (Pa-jeon)

7 Variasi Pancake Khas Korea yang Bikin Lidah Bergoyangmaangchi.com

Daun bawang mentah memang memiliki cita rasa yang sedikit pedas. Namun kalau sudah digoreng dengan adonan tepung seketika rasa itu berubah menjadi gurih nan manis. Cara memasaknya juga sedikit berbeda. Daun bawang ditata rapi terlebih dahulu di atas pan, setelah itu baru dituangi adonan. Kalau mau ditambah bahan lain seperti seafood, letakkan di atas daun bawang baru adonan dituang.

5. Kimchi Pancake (Kimchi-jeon)

7 Variasi Pancake Khas Korea yang Bikin Lidah Bergoyangytimg.com

Pancake Korea paling otentik! Bagaimana tidak? Kimchi memang makanan kunci yang tidak bisa dipisahkan dari kuliner Korea. Rasanya kurang afdol jika tidak ada kimchi dalam menu makan sehari-hari. Jadi dalam membuat jeon kimchi pun memberikan andil. Hanya dengan bumbu minim seperti gula dan garam, kimchi dapat menyulap rasa jeon menjadi perfect!

6. Edible Flower Pancake (Hwa-jeon)

7 Variasi Pancake Khas Korea yang Bikin Lidah Bergoyangupload.wikimedia.org

Bunga bisa dimakan? Pastinya dong. Apalagi kalau diolah menjadi jeon seperti ini. Bunga yang dipakai yaitu jenis Azalea yang mekar di musim semi. Fun fact-nya dulu orang ketika mendaki gunung sengaja membawa pan dan beberapa bahan lain. Mereka memetik bunga Azalea dan langsung memasaknya menjadi jeon di atas gunung! Rasa manis dan teksturnya yang kenyal membuat hwa-jeon ini menjadi cemilan yang luar biasa unik. 

7. Mungbean Pancake (Bindae-tteok)

7 Variasi Pancake Khas Korea yang Bikin Lidah Bergoyangi.pinimg.com

Kacang hijau biasanya diolah menjadi bubur atau topping es. Tapi yang satu ini benar-benar berbeda. Tepung kacang hijau dicampur dengan telur, tauge, gosari, daun bawang, dan bumbu pelengkap lalu digoreng dalam panci datar. Tepung kacang hijau memberikan cita rasa yang gurih dan berpadu sempurna dengan bahan yang lain. Cocok dimakan bersama nasi atau teman minum teh.

Unik kan makanan khas Korea yang satu ini? Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuanmu tentang aneka kuliner Korea ya!

Baca Juga: Uniknya 7 Jenis Pancake dari Berbagai Negara, Sudah Coba yang Mana?

Andina Candra Prasasti Photo Community Writer Andina Candra Prasasti

Often alone, rarely lonely

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You