TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ragam Falooda Menyegarkan, Minuman Isi Bihun Wajib Icip!

Campurannya bikin kamu kenyang dalam sekali santap

ilustrasi olahan falooda (unsplash.com/VD Photography)

Siapa di antara kamu yang senang menikmati minuman campur dengan aneka isian di dalamnya? Kalau iya, ini waktunya untuk mengolah falooda di rumah sebagai salah satu alternatif minuman unik wajib coba.

Minuman tersebut mengandung bahan yang tidak sedikit namun menghasilkan perpaduan yang pas, mulai dari selasih, bihun, sirup mawar. Dan paling cocok apabila disantap dalam kondisi panas terik.

Buat kamu yang penasaran seperti apa olahan falooda yang terkenal ini, simak dulu lima kreasinya yang ada di dalam daftar.

1. Classic falooda

ilustrasi classic falooda (pixabay.com/ExplorerBob)

Pada proses pembuatan falooda klasik, rasa yang menjadi corak khusus pada hidangan ini adalah mawar. Terdapat setidaknya tiga lapisan utama yang perlu dipersiapkan, mulai dari sirup mawar, jelly, serta lapisan susu.

Sirup bisa dimasak menggunakan campuran antara rose water dan gula. Kemudian buat jelly dari air mawar, gelatin, madu, serta air. Sementara untuk susu hanya memakai versi segar dan evaporasi. Satukan bahan, lengkap dengan selasih serta bihun matang.

2. Mango falooda

ilustrasi mango falooda (pixabay.com/Varun Kulkarni)

Buat pencinta buah mangga, falooda pun memiliki salah satu yang patut untuk dicicipi dengan sensasi kesegaran yang tiada dua. Lapisan dalam minuman ini terdiri dari selasih, susu, serta adonan mangga.

Susun dalam gelas mulai dari biji selasih, bihun yang sudah dimasak, irisan mangga, sirup mawar, jelly mangga, bubur mangga, serta lengkapi dengan menuangkan susu segar.

Baca Juga: Resep Es Halo-halo, Minuman Kekinian yang Populer di Filipina

3. Strawberry falooda

ilustrasi strawberry falooda (pixabay.com/jusminmari)

Dalam menikmati olahan segar, belum lengkap kalau tidak menjadikan stroberi sebagai salah satu bintang utama. Begitu pun dalam falooda, keberadaan buah ini akan tambah menarik perhatian.

Mirip dengan beberapa olahan di atas, kamu bisa menggunakan selasih, bihun masak, stroberi bercampur sirup mawar, kemudian sempurnakan dengan susu full cream agar terasa lebih enak. Bisa pula tambahkan es krim agar lebih enak.

4. Pistachio falooda

ilustrasi pistachio falooda (pixabay.com/Nrs_Kitchen)

Sebagai penggemar kacang-kacangan, kamu mesti mencicipi pistachio falooda yang satu ini. Perpaduan rasa dari minuman ini tidak kalah sedap dibandingkan dengan beberapa macam falooda yang lain.

Bahan-bahan yang dipakai pun sama, yakni lapisan selasih, lapisan bihun, serta susu yang telah dipanaskan bersama gula, pistachio, lalu esens pistachio. Sajikan dalam gelas, lengkap dengan es krim kesukaan.

Baca Juga: Resep Membuat Es Kuwut Melon, Minuman Segar Pelepas Dahaga

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya