TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Inspirasi Makanan Berkuah dari Ikan Teri, Tertarik Coba?

Cocok dimasak pakai bumbu kuning atau bumbu merah

ilustrasi olahan teri kuah (pexels.com/alleksana)

Ikan teri jadi salah satu bahan masak populer di Indonesia. Makan belum lengkap rasanya bila tidak menyertakan ikan ini disertai sambal dan kerupuk putih.

Alih-alih dimasak dengan cara digoreng, ternyata teri juga dapat diolah menjadi masakan kuah yang tidak kalah sedap, lho. Untuk mencoba mencicipi hidangan yang dimaksud, kelima masakan berikut ini sebagai referensi makanan berkuah dengan ikan teri.

1. Teri kuah bumbu kuning

ilustrasi teri kuah bumbu kuning (pixabay.com/Mogens Petersen)

Bumbu kuning tidak cuma cocok diterapkan untuk aneka bahan masak dari daging saja. Ikan teri pun rupanya mampu menghasilkan rasa masakan yang legit dan gurih untuk disantap bareng nasi.

Pada proses pembuatan teri bumbu kuning ini, kamu memerlukan bahan dasar. Gunakan bawang-bawangan, kunyit, cabai, perasa, air, serta teri basah untuk dimasak di dalam hidangan lezat tersebut.

2. Daun singkong teri kuah santan

ilustrasi daun singkong teri kuah santan (pixabay.com/Rebecca Humann)

Daun singkong punya cita rasa getir yang unik. Oleh karena itu, bahan masakan ini jadi sangat populer dan mampu menjadi pendamping bagi nasi hangat. Kombinasi rasa berbedanya membuat daun singkong sukses dikreasikan dengan macam-macam cara.

Salah satu hidangan populer yang terkait dengan daun singkong adalah dimasak menggunakan kuah santan. Bahkan, makanan juga bisa ditemani oleh campuran ikan teri, sehingga terdapat tekstur berbeda.

Baca Juga: Mantap, Resep Nasi Kucing Teri Lombok Ijo ala Anak Kos

3. Gulai teri

ilustrasi gulai teri (yummy.co.id/Welly Herlina)

Gulai merupakan makanan berkuah yang tidak kalah populer di kuliner khas Indonesia. Biasanya, bahan baku yang dimasukkan ke dalam masakan ini berupa ikan berukuran besar, tapi bukan berarti ikan teri pun tidak bisa dimasak serupa.

Justru teri bisa bertransformasi menjadi lauk makan yang nikmat ketika bercampur dengan kuah masakan berwarna kekuningan itu. Di dalamnya ada bumbu halus dari bawang hingga kunyit serta kuah santan bercampur tomat segar.

4. Teri kuah merah

ilustrasi teri kuah merah (pixabay.com/41330)

Pada masakan selanjutnya, teri bisa dijadikan salah satu masakan berkuah dengan bumbu merah segar yang pedas. Makanan ini  sangat cocok dikombinasikan bersama nasi hangat, sambal, dan kerupuk.

Bumbu-bumbu yang digunakan dalam kuah merah ini pun tidak jauh berbeda dengan yang lain. Mulai dari bawang-bawangan, tomat, cabai, hingga penggunaan gula merah. Setelah itu, seluruh bahan tinggal diolah menjadi satu untuk dimasak bareng teri nasi.

Baca Juga: Resep Membuat Pepes Ikan Teri Basah, Rasanya Nendang! 

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya