TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan Buka Puasa Serba Sup Sawi, Bikin Hangat!

Masakan yang bisa bikin kamu dan keluarga ketagihan

ilustrasi ragam sajian sup sawi (pexels.com/Daria Shevtsova)

Macam-macam sayur hadir di Indonesia, sangat cocok untuk dijadikan makanan buka puasa. Walau sedang puasa, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat, ya. Salah satunya adalah sawi. 

Memiliki beberapa varian yang menarik untuk dicicipi, rupanya sayur sawi gak selalu dapat dimasak dengan cara ditumis, tetapi cocok juga dinikmati sebagai sup enak. Lima olahan tersebut pun sudah tertera di bawah ini. Yuk, cari tahu!

1. Sup sawi bakso

ilustrasi sup sawi bakso (pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Masakan pertama yang sangat pas untuk dinikmati sebagai sup adalah sawi bakso. Hidangan ini akan memiliki kombinasi rasa menarik, sekaligus sensasi gurih yang didapatkan dari olahan daging tersebut.

Untuk membuat rasa kuahnya semakin nikmat, jangan lupa menyertakan bumbu halus dari aneka bawang, penyedap, serta daun bawang. Sedangkan jenis sawi yang digunakan baiknya adalah sawi hijau yang tak kalah sedap.

2. Sup sawi jagung

ilustrasi sup sawi jagung (unsplash.com/Monika Grabkowska)

Kombinasi sup yang satu ini akan mengandung rasa manis, sehingga pas sekali untuk kamu yang gemar dengan masakan bercita rasa ramai. Serunya lagi, hidangan ini bisa dibuat dengan mudah disertai bahan-bahan sederhana.

Tinggal siapkan bumbu halus dari bawang sebagai pelengkap rasa kuah, lalu masukkan sawi hijau dan jagung yang sudah dipipil. Bila ingin isiannya semakin banyak, bisa juga ditambahi umbi-umbian untuk mempertegas rasa dari sup tersebut.

Baca Juga: 5 Ide Makanan Buka Puasa Berbahan Makaroni, Simpel!

3. Sup iga sawi

ilustrasi sup iga sawi (pexels.com/Cats Coming)

Bukan cuma dikombinasikan bersama sesama sayuran, sup sawi pun cocok ketika dipertemukan dengan daging. Bagian populer tersebut bukan lain adalah iga sapi yang punya sensasi rasa gurih dan nikmat.

Bumbu-bumbu halus yang dipakai bisa disesuaikan dengan selera, bahkan kamu dapat memasukkan pasta cabai untuk membuat kuahnya lebih merah pekat. Setelah diisi dengan daging, jangan lupa menambahkan sawi putih ke dalam adonan.

4. Sup tahu sawi

ilustrasi sup tahu sawi (pexels.com/Daria Shevtsova)

Gak kalah segar dan praktis, santapan selanjutnya yang sangat direkomendasikan untuk dibuat memakai bahan baku dari sawi adalah sup tahu. Kuahnya yang bening tetap mampu menghadirkan rasa maksimal, agar kamu bisa merasakan kesegaran di dalamnya.

Biar proses pembuatan sup sawi ini terasa gurih, gunakan kaldu ayam sebagai kuah utama masakan. Kemudian masukkan tahu putih, sawi hijau, dan bawang-bawangan sebagai penunjang aroma dari sajian berkuah ini.

Baca Juga: Mau Tetap Sehat Selama Puasa? Pilih 10 Minuman Segar Buka Puasa Ini!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya