TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan Simpel ala Korea Selatan, Cuma Modal Rumput Laut Kering

Cocok dibuat bekal praktis yang enak

ilustrasi masakan simpel ala korea dengan rumput laut kering (pixabay.com/changupn)

Siapa bilang kalau membuat makanan Korea Selatan cuma bisa didukung oleh bahan-bahan mahal dan eksklusif. Itu artinya kamu belum berkenalan dengan aneka hidangan yang dibuat bareng rumput laut kering atau gim ini.

Gak aneh-aneh, kamu bisa membuat lima olahan dari rumput lain kering yang bisa dijadikan menu bekal, ide makan siang, atau pengganjal lapar di malam hari. Semuanya enak dan bikin kenyang!

1. Gimmari 

ilustrasi gimmari (yummy.co.id)

Gimmari adalah salah satu gorengan yang cukup populer di Korea Selatan dengan balutan rumput laut kering. Makanan ini digoreng menggunakan lapisan tepung terigu, sehingga memiliki tekstur lembut dan garing.

Proses pembuatan gimmari didukung oleh penggunaan bihun dan bumbu yang dilengkapi minyak wijen, kecap asin, dan bumbu perasa. Setelah adonan digulung, kamu bisa mencelupkan bahan tersebut ke dalam tepung basah dan kering, lalu dimasak. 

2. Jumeokbap 

ilustrasi jumeokbap (pixabay.com/sanghyuk cho)

Bukan cuma Indonesia yang kerap kali menikmati nasi dengan bentuk bulatan yang disertai garam. Namun, Korea Selatan pun Memiliki makanan berbentuk serupa yang dikenal dengan sebutan jumeokbap.

Untuk bisa membuat makanan yang satu ini, kamu memerlukan nasi hangat yang dicampur kecap asin dan minyak wijen. Kemudian, berikan irisan nori ke dalamnya dan bentuk menjadi bulat-bulat agar lebih menarik untuk dimakan.

Baca Juga: 5 Makanan Korea yang Mudah Dimasak dengan Panci Presto 

3. Kimbap 

ilustrasi kimbap (pixabay.com/serenity_g)

Bicara soal makanan asal Korea Selatan yang dibalut menggunakan bantuan dari rumput laut kering. Belum lengkap rasanya kalau tidak menghadirkan salah satu hidangan terkenal mereka yang disebut dengan kimbab.

Seperti diketahui, makanan ini memiliki kemiripan dengan olahan asal Jepang, sushi. Namun, isian dari kimbab sendiri didominasi oleh sayuran, seperti acar, wortel, dan bayam. Ada pula sumber protein dari lembaran daging sapi yang dimasak dan telur.

4. Bokkeumbap 

ilustrasi bokkeumbap (pixabay.com/Sharon Ang)

Olahan ini menjadi salah satu makanan yang paling cocok dijadikan makanan utama. Bokkeumbap merupakan arti lain dari olahan nasi goreng, tapi dimasak bersama tambahan kimchi yang membuat rasanya jadi lebih nendang.

Selain penggunaan kimchi, ada juga tambahan dari irisan daging dan telur yang dimasak bersama bumbu dari cengkih bawang-bawangan, kecap asin, minyak wijen, saus tiram dan bumbu perasa. Sertakan rumput laut kering sebagai topping dari nasi goreng ini.

Baca Juga: 5 Fakta Gungjung Tteokbokki, Makanan Bangsawan Korea Zaman Dulu

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya