TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Olahan Telur Puyuh Goreng Spesial untuk Camilan Andalan

Mulai dari perkedel sampai bakwan yang menggugah selera, nih

ilustrasi kreasi telur puyuh goreng (unsplash.com/Mulan Sukrisno)

Telur puyuh merupakan salah satu bahan pangan yang bentuknya mini dengan rasa juara. Telur puyuh sendiri umumnya disajikan dalam kondisi direbus saja. Namun, sebenarnya telur puyuh juga bisa dikreasikan menjadi aneka santapan sedap pilihan, kok.

Buat kamu penggemar makanan renyah dan garing, ada lima olahan telur puyuh andalan yang bisa kamu terapkan. Mari kita simak, apa aja, sih, aneka makanan yang bisa dikombinasikan bersama telur puyuh berikut ini!

1. Perkedel telur puyuh 

ilustrasi perkedel telur puyuh (unsplash.com/Allen Gong)

Perkedel adalah makanan renyah dan lembut yang bisa dijadikan lauk makan sekaligus camilan. Bahan utama pembuatan perkedel sendiri diolah dari kentang rebus yang dilumatkan untuk kemudian digoreng.

Namun, biar makanan ini makin menarik, pada proses pembentukan adonan perkedel kamu bisa memasukkan telur puyuh sebagai isian. Siapkan minyak goreng, lalu masak perkedel telur puyuh sampai permukaan luarnya garing.

Baca Juga: 5 Sajian Menu Makan Malam Berbahan Telur Puyuh, Bikin Ngiler!

2. Tahu goreng telur puyuh 

ilustrasi tahu goreng telur puyuh (pixabay.com/Mittmac)

Hidangan berikut ini pun tidak kalah lezat dari kreasi makanan pertama. Hal itu karena pada proses pembuatan telur, akan ada bahan tambahan yang digunakan untuk melengkapi sajian tersebut. Komponen yang dimaksud adalah tahu.

Tahu yang sudah dilengkapi bersama telur puyuh bisa dikukus terlebih dahulu supaya lebih padat. Setelah itu, celupkan adonan yang telah matang ke dalam kocokan telur. Siapkan wajan, goreng tahu telur puyuh tersebut sampai berubah warna keemasan.

3. Telur puyuh crispy 

ilustrasi telur puyuh crispy (unsplash.com/Léo Roza)

Pengolahan telur puyuh yang memiliki tekstur renyah dan garing juga bisa kamu buat tanpa menggunakan bahan tambahan lainnya. Makanan ini bisa dijadikan sate atau dimakan langsung ditemani dengan saus sambal yang pedas.

Kupas cangkang telur puyuh yang sudah matang.  Celupkan ke dalam adonan tepung terigu secara bergantian. Siapkan tepung panir, kemudian gulingkan di atasnya. Goreng sampai teksturnya renyah.

4. Bakwan telur puyuh 

ilustrasi bakwan telur puyuh (pixabay.com/Designermate)

Bakwan menjadi opsi gorengan populer yang sudah menjadi kudapan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Biasanya hidangan ini dibuat dengan memanfaatkan sayuran sisa yang tidak termasak.

Bukan cuma penggunaan irisan kol dan wortel yang bikin enak, kamu pun bisa turut memasukkan telur puyuh sebagai peningkat cita rasa. Buat adonan pakai tepung terigu dan air. Lakukan koreksi rasa, setelah itu goreng adonan di dalam minyak panas.

Baca Juga: Resep Semur Telur Puyuh untuk Menu Lauk Makan Siang, Dijamin Nikmat!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya