TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Kroket Bihun yang Enak dan Renyah, Yuk Praktikkan!

Hidangan paling cocok dijadikan camilan dengan saus pedas

ilustrasi kroket bihun (pixabay.com/Anil sharma)

Kroket bihun menjadi salah satu gorengan favorit masyarakat Indonesia yang tidak bisa dijauhkan dari berbagai acara penting maupun santai. Hidangan ini kerap dibuat dalam jumlah banyak dan adonan yang cukup beragam, sehingga menghasilkan gorengan yang renyah di luar dan isiannya melimpah di bagian dalam.

Buat kamu yang senang mencoba gorengan sendiri di rumah, berikut lima tips andalan dalam membuat kroket bihun. Supaya hasilnya maksimal dan sedap, yuk, praktikkan tips-tipsnya!

1. Pastikan kulit yang dibuat dalam kondisi bagus

ilustrasi proses pembuatan kulit kroket (pexels.com/Elina Fairytale)

Dalam pembuatan kroket bihun, pastikan bahwa adonan kulit yang kamu buat konsistensinya sudah sesuai. Jangan ada yang menggumpal karena bisa membuat gorengan jadi kurang maksimal.

Hindari membuat kulit terlalu tebal maupun terlalu tipis supaya isian di dalamnya tidak mudah keluar ketika digoreng. Pastikan kamu membuat adonan kulit menggunakan wajan datar supaya bisa terbentuk dengan baik dan bisa dilipat secara fleksibel.

Baca Juga: Cara Membuat Kroket Kentang ala Jepang, Makan Kenyang Perut Nyaman

2. Tumis bihun agar lebih punya rasa

ilustrasi bihun (pixabay.com/Kavinda F)

Sebelum mengolah kroket bihun, pastikan bahwa isian yang kamu siapkan sudah direbus dan ditumis sebelumnya. Itu akan membuat isian gorengan terasa lebih kaya rasa. Kamu bisa menumisnya bersama tambahan sayur-mayur, seperti wortel.

Setelah itu, kamu dapat menyisihkan isian selama beberapa saat. Kemudian letakkan bihun secukupnya di antara kulit kroket, sehingga adonan kroket tidak mudah sobek saat dilipat maupun pecah pada saat digoreng.

3. Gunakan perekat supaya kroket tidak ambyar

ilustrasi menggulung isian dengan rice paper (pixabay.com/Tonda Tran)

Demi menghindari isian yang pecah saat digoreng, kamu bisa merekatkan ujung kulit menggunakan sedikit adonan tepung, agar kulit merekat sempurna. Lipatannya pun harus dilakukan dengan baik supaya, bentuknya benar-benar menarik.

Khawatir jika kamu tidak merekat bagian ujung gorengan tersebut memakai sesuatu yang menempel, maka ketika dimasak hidangan akan berubah menjadi pecah. Alhasil, kroket bihun kurang menarik perhatian atau tidak dapat dimakan saat ditiriskan.

4. Pastikan minyak sudah panas

ilustrasi proses menggoreng (pixabay.com/kyung jin Kim)

Khusus saat menggoreng kroket bihun, pastikan bahwa minyak yang kamu siapkan sudah dipanaskan sebelumnya. Hal ini akan membuat gorengan matang merata serta crispy sampai ke bagian luar.

Jika kamu memasak adonan dalam kondisi minyak yang masih dingin, khawatir makanan akan menyerap lebih banyak minyak dan membuatnya lembek ketika diangkat. Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu menunggu beberapa saat hingga minyak berubah panas sebelum menggoreng.

Baca Juga: Resep Kroket Keju ala Jepang, Seenak Restoran Ternama!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya