TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menyimpan Susu Kemasan agar Tahan Lama setelah Dibeli

Tanggal kedaluwarsa bukan satu-satunya patokan

ilustrasi segelas susu (pexels.com/Anna Pou)

Saat membeli susu kemasan, biasanya kita melihat ada berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Model kemasan berliter-liter akan membuat susu bersisa sejak pertama kali dikonsumsi. Maka dari itu, sisanya harus disimpan supaya lebih awet.

Cara untuk menyimpan susu kemasan biar tahan lama bisa dilakukan dengan mengikuti lima tips berikut ini. Jangan melihat tanggal kedaluwarsanya saja, ya!

1. Jangan dibiarkan terlalu lama di udara panas 

ilustrasi susu kotak (pexels.com/Nothing Ahead)

Saat hendak membeli susu cair, umumnya kamu melihat minuman ini berada di rak dengan suhu cukup dingin. Maka dari itu, setelah dibeli, sebaiknya jangan dibiarkan berlama-lama terkena paparan sinar matahari atau dibiarkan di tempat yang hangat, karena hal tersebut bisa menurunkan kualitas produk tersebut.

Setelah kamu membeli minuman tersebut dari supermarket atau minimarket, baiknya segera dibawa pulang dan disimpan sesuai anjuran yang ditetapkan pada petunjuk kemasan. Dengan begini, risiko susu rusak jadi lebih minim.

2. Buka segel saat hendak dikonsumsi

ilustrasi menuangkan susu ke dalam gelas (pixabay.com/mac231)

Seperti diketahui, kemasan susu biasanya memiliki segel pengunci di dalamnya. Manfaat dari bagian tersebut untuk menjaga kualitas susu agar tetap enak ketika sampai ke konsumen. Maka dari itu, ketika kamu membeli susu kemasan dan tidak ingin langsung dikonsumsi sebaiknya hindari membuka segel kemasan.

Cukup buka segel ketika kamu benar-benar hendak mengonsumsinya supaya susu cair jadi lebih awet dan tahan lama. Setelah susu dikonsumsi, kamu bisa menutupnya kembali dengan rapat untuk menghindari udara yang masuk ke dalam produk dan membuatnya basi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Susu Oat Milk, Pengganti Susu Biasa yang Menyehatkan

3. Simpan susu di lemari es

ilustrasi berbagai produk susu (unsplash.com/CHUTTERSNAP)

Cara memperlakukan susu cair yang efektif untuk menjaga ketahanannya dilakukan dengan menyimpan susu di dalam lemari es. Hal ini akan membuat susu tetap enak selama beberapa waktu ke depan.

Cari tempat paling dingin di kulkas supaya susu lebih awet dan terjaga kualitasnya. Jangan lupa memperhatikan cara menutup dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya. Hindari ditempatkan berdekatan dengan makanan atau minuman beraroma tajam supaya kualitas susu tetap terjaga.

4. Jangan jadikan tanggal kedaluwarsa sebagai patokan utama

ilustrasi tanggal kalender (pixabay.com/congerdesign)

Ketika membeli susu kemasan, kamu pasti melihat tanggal kedaluwarsa dari produk bisa berada beberapa tahun setelah dibeli. Namun, ketika segel sudah dibuka, maka tanggal kedaluwarsa itu bukanlah satu-satunya patokan.

Kalau segel sudah dibuka, artinya masa terbaik yang bisa membuat kualitas susu terjaga hanya bertahan selama beberapa hari saja, tergantung anjuran konsumsi yang tertera di balik kemasan. Maka dari itu, ketika kamu meminum susu dan produk tersebut masih sisa, baiknya segera dihabiskan dalam jangka tidak lebih dari seminggu.

Baca Juga: 5 Kuliner yang Bisa Diolah dengan Susu, Gurihnya Terasa Beda!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya