TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Kelezatan Soto H. Ahri Asli Garut, Semangkuk Bakal Kurang

#IDNTimesFood Yakin gak mau coba?

Seporsi soto H. Ahri plus nasi (instagram.com/aria_aradhea)

Buat para foodies, sudah berapa macam resep soto Nusantara yang pernah kamu coba? Sebagai kuliner kebanggaan Indonesia, sajian soto memang banyak sekali jenisnya. Hampir di setiap wilayah di negeri ini menawarkan cita rasa dan resep soto yang khas.

Tak terkecuali kota Garut, Jawa Barat. Untuk menjajal soto asli Garut, kamu bisa mampir ke warung kecil H. Ahri yang lapaknya telah melegenda puluhan tahun. Penasaran gimana kelezatan racikan soto di sini? Berikut sederet faktanya!

1. Setia meracik resep yang sama

Generasi kedua soto H. Ahri (instagram.com/cheddymotret)

Konon warung Soto H. Ahri sudah eksis melayani pembeli sejak tahun 1943. Kekhasan soto ini terletak pada kuah kaldu kuning yang kental, karena diendapkan selama semalam sebelum disajikan kepada pelanggan.

Bertahan selama hampir delapan dasawarsa, racikan Soto H. Ahri gak banyak berubah. Generasi kedua yang kini mengelola warung soto tersebut, bahkan enggan beralih dari cara memasak memakai kayu bakar ke kompor gas modern. Tujuannya semata-mata mempertahankan aroma dan rasa.

2. Kelembutan daging di setiap gigitan

Kuah kuning soto dan daging sapi (instagram.com/laparterus)

Semangkuk Soto H. Ahri terdiri dari isian potongan daging sapi dan jeroan. Kamu bisa memilih isian daging saja, jeroan saja, atau mix keduanya.

Daging dan jeroan ini kemudian diberi topping kedelai goreng, irisan daun seledri, dan bawang goreng. Terakhir, baru disiram dengan kuah kaldu kuning.

Karena proses memasak daging memakan durasi waktu antara 4-5 jam, jadi jangan heran kalau kamu akan menjumpai potongan daging sapi yang super empuk. Teksturnya lembut, tapi gak hancur. Kamu masih bisa merasakan serat-serat dagingnya yang juicy.

Sementara itu, kuah kaldu yang dimasak dengan rempah-rempah menghasilkan kombinasi rasa gurih, asam, dan manis, sehingga terciptalah rasa segar yang sempurna. Aroma asap hasil proses pemasakan dengan kayu bakar juga tercium tipis.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Kuah Soto Ayam Agar Rasanya Legit Sempurna

3. Ini yang bikin semangkuk Soto H. Ahri terasa makin mantul

Kerupuk kulit dan seporsi soto H. Ahri (instagram.com/aria_aradhea)

Kuah kaldunya saja sesedap itu rasanya. Biar kenikmatan Soto H. Ahri makin yahud, kamu wajib menambahkan kecap, bubuk cabai, dan perasan jeruk nipis ke dalamnya. Jangan lupa santap dengan kerupuk kulit dan nasi putih hangat. Maknyus!

Yang bikin khas, kecap dan kerupuk kulit yang dipakai warung soto H. Ahri merupakan produk asli Garut. Terbayang kan gimana autentiknya kulineran di warung ini?

4. Porsi harian yang terjual gak main-main jumlahnya

Soto H. Ahri tanpa nasi (instagram.com/hamm.hartoko)

Untuk bisa melahap seporsi soto H. Ahri dan nasi putih, siapkan kocek Rp28 ribu. Jika pesan tanpa nasi, harganya Rp22 ribu. Kamu bisa request soto dan nasi disajikan terpisah atau dicampur dalam satu piring.

Bila dihitung, dalam sehari warung ini mampu menjual hingga 200 porsi soto, lho. Angka tersebut setara dengan 20-25 kilogram daging dan jeroan sapi. Wah!

Baca Juga: 5 Perbedaan Soto Seger dan Soto Kudus dari Jawa Tengah, Maknyus!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya