Comscore Tracker

5 Perbedaan Soto Seger dan Soto Kudus dari Jawa Tengah, Maknyus!

Gurih, segar, dan rasanya pasti lezat #LokalIDN

Indonesia memiliki berbagai soto dari berbagai daerah. Cita rasa dan penampilan soto dari masing-masing daerah berbeda-beda sehingga menciptakan soto khas dari daerah-daerah tersebut.

Di Jawa Tengah terdapat dua soto yang menjadi salah satu primadona, yaitu soto kudus dan soto seger. Dua soto ini dari daerah yang berbeda dan tentunya memiliki rasa dan penampilan yang khas. Nah, apa saja sih perbedaan dari dua soto lezat ini?

1. Asal daerah

5 Perbedaan Soto Seger dan Soto Kudus dari Jawa Tengah, Maknyus!instagram.com/javafoodie

Walaupun sama-sama dari Jawa Tengah, dua soto ini berasal dari daerah yang berbeda. Soto kudus berasal dari Kudus sedangkan soto seger berasal dari Surakarta dan Boyolali. Tak hanya khas di daerahnya saja, dua soto ini juga sudah ditemui di berbagai wilayah di Indonesia.

Pernah makan dua soto ini?

2. Bumbu soto yang berbeda

5 Perbedaan Soto Seger dan Soto Kudus dari Jawa Tengah, Maknyus!instagram.com/synthiatjipto

Kedua soto ini memiliki bumbu racikan yang berbeda. Walaupun begitu keduanya merupakan soto bening tanpa santan. Bumbu dari soto kudus adalah kunyit. Bumbu soto kudus terdiri dari serai, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, merica, jinten, gula, dan garam. Bumbu-bumbu tersebut berpadu dengan gurihnya kaldu sapi atau ayam.

Sedangkan soto seger dengan rasa yang ringan terdiri dari racikan bumbu berupa ketumbar, merica, bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, gula, dan garam. Bumbu soto tersebut kemudian dimasak dengan  kuah kaldu. Sama-sama mantap!

Baca Juga: 5 Fakta yang Bikin Soto Triwindu Solo Istimewa, Kamu Mesti Coba!

3. Komponen soto 

5 Perbedaan Soto Seger dan Soto Kudus dari Jawa Tengah, Maknyus!instagram.com/angkytan

Komponen dari dua soto ini terbilang cukup sama. Komponen soto kudus terdiri dari daging ayam atau sapi, telur rebus, soun, keripik kentang, taoge, seledri, kubis, daun bawang, jeruk nipis, sambal rawit, dan kecap. Komponen soto seger terdiri dari ayam atau daging, soun, keripik kentang, seledri, tauge, jeruk nipis, kecap, dan sambal merah. Bisa dibayangkan, nikmatnya nasi dan komponen soto disiram dengan kuah soto.

Lebih mantap lagi jika dimakan dengan lauk pendamping seperti sate telur puyuh, sate jeroan, tempe goreng, ataupun tempe bacem. Yummy!

4. Tampilan dan rasa  

5 Perbedaan Soto Seger dan Soto Kudus dari Jawa Tengah, Maknyus!instagram.com/riderkulineran

Di bumbu soto kudus terdapat kunyit sebagai salah satu bumbunya hal tersebut membuat warna soto kudus menjadi kuning. Rempah-rempah yang banyak juga membuat rasa soto kudus menjadi kaya dan gurih.

Soto seger sendiri memiliki warna kuah yang bening. Rasa dari soto ini light dan ringan karena bumbunya cukup minimalis. Berempah maupun berasa ringan, keduanya sama-sama sedap dan maknyus!

5. Mangkok soto 

5 Perbedaan Soto Seger dan Soto Kudus dari Jawa Tengah, Maknyus!instagram.com/riderkulineran

Penyajian soto kudus dan soto seger terdiri dari nasi, daging, komponen lain dan disiram kuah soto kemudian dihidangkan di dalam mangkok. Biasanya mangkok soto kudus berukuran lebih kecil daripada mangkok pada umumnya. Soto seger juga kadang dihidangkan dalam mangkok yang kecil juga. Wah, satu mangkok soto mana cukup, nih!

Nah, itulah lima perbedaan dari soto kudus dan soto seger. Walaupun berbeda tapi sama-sama lezat dan menggoyang lidah. Dari soto seger atau soto kudus, mana nih yang jadi seleramu?

Baca Juga: Pilihan 7 Soto dengan Taburan Koya Kelapa di Malang, Gurih!

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya