TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Macam Jenis Roti Eropa yang Enak Banget Buat Teman Minum Kopi

Lezat dan bikin kenyang

ilustrasi kroisan (pexels.com/Valeria Boltneva)

Roti merupakan salah satu jenis kudapan yang sangat enak sekali menjadi teman minum kopi, baik itu di pagi hari atau sore hari.

Di Eropa, kebiasaan minum kopi sambil memakan roti adalah hal yang sangat lumrah untuk ditemukan. Mereka biasanya akan memilih roti yang terdiri dari berbagai macam isian dan juga rasa. Berikut ini beberapa daftarnya.

1. Croissant

mycityeveryday.com

Banyak yang mengira bahwa roti croissant adalah roti asli dari Prancis, padahal roti ini sebenarnya berasal dari Austria. Di Austria, roti ini digunakan sebagai simbol perayaan kemenangan pasukan kerajaan Austria saat Perang Salib.

Roti ini memiliki rasa manis dan juga gurih. Terbuat dari tepung, telur, ragi dan juga mentega. Beberapa penjual roti juga ada yang menambahkan lelehan cokelat pada bagian atas croissant untuk menambah cita rasa.

Baca Juga: 5 Roti Khas Sumatera yang Wajib Kamu Coba, Bikin Lidah Bergoyang

2. Scone

pixabay.com/Albanycolley

Roti ini terbuat dari tepung gandum dan juga haver. Berbeda dengan bahan pembuat roti pada umumnya, Scone tidak memakai ragi sebagai bahan pengembang melainkan baking powder. Roti ini memiliki rasa yang sedikit manis dan teksturnya kering.

Pada bagian atasnya sering ditaburi cokelat, keju ataupun kismis. Di Inggris, roti ini dimakan saat sarapan bersama dengan teh atau kopi.

3. Pretzel

pixabay.com/ritaE

Roti khas Jerman ini, konon merupakan lambang keagamaan umat Kristiani saat berdoa. Pretzel memiliki dua varian rasa, yakni manis dan juga gurih. Teksturnya keras dan garing. Namun, Pretzel juga dapat dibuat lembut sesuai dengan yang menginginkannya. Roti ini sangat enak jika dihidangkan saat masih hangat.

4. Baguette

pixabay/congerdesign

Roti ini berasal dari Prancis. Bentuknya panjang dan bisa mencapai 1 meter. Roti ini memiliki kulit yang tebal dan terasa garing di luar. Namun, kamu bisa merasakan bahwa bagian dalamnya sangat lembut. Kue ini juga sering disebut roti tongkat karena bentuknya yang lurus dan panjang.

5. Bagel

pixabay.com/jaymantri

Rori asal Eropa Timur ini bentuknya mirip donat dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan orang dewasa. Cara penyajiannya adalah dengan dibelah dua lalu di dalamnya diisi berbagai macam isian sesuai selera. Isian tersebut dapat berupa daging, sayur atau krim keju.

6. Crumpet

bakingmad.com

Roti asal Inggris ini memiliki bentuk gepeng dan sedikit basah atau lembap. Roti ini dihidangkan saat masih panas dengan dioleskan madu atau krim padat. Rasanya manis, mirip seperti roti muffin.

Baca Juga: 5 Ide Lezat Sandwich Berbahan Dasar Roti Ciabatta, Cita Rasa Italia

Verified Writer

Maya Andita

Trust me! I am not muggle || IG: @pengarang_maya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya