TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Teknik Memanggang dari Baking Hingga Toasted, Pahami Biar Jago Masak

Yuk, mulai kuasai teknik memanggang ini! 

Pixabay.com/Kaboom Pics

Ada banyak cara dalam memasak yang kadang tidak diketahui orang. Termasuk dalam memanggang, diperlukan beberapa teknik memanggang yang ternyata memiliki keunikan tersendiri. Dari nama hingga cara yang digunakan, teknik dalam memanggang perlu kamu pahami terlebih dahulu. 

Teknik baking, roasted hingga toasted harus bisa kamu bedakan dengan baik. Jangan sampai, kamu salah dalam mengenal teknik dalam memanggang makanan tersebut. Biar kamu makin jago masak, berikut beberapa teknik memanggang yang perlu kamu kuasai. 

1. Baking

Pixabay.com/Gaertringen

Ketika mendengar kata baking, mungkin ini cukup familier dalam dunia kuliner. Dalam sejarah memasak, teknik memanggang dengan baking disebut yang paling tua. Baking adalah teknik memasak dengan memanfaatkan panas untuk membuat makanan matang sempurna. 

Biasanya, teknik memanggang dengan baking digunakan untuk membuat kue atau roti. Alat yang digunakan sejenis oven yang memiliki kemampuan menyebarkan suhu panas untuk memanggang.

Baca Juga: 10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!

2. Grilling

Pixabay.com/Pexels

Grilling adalah teknik memanggang yang biasanya digunakan untuk  menu bakar-bakaran.Teknik memanggang ini memanfaatkan bara api agar makanan matang secara merata. Makanan yang dipanggang dengan teknik grilling memiliki rasa yang lebih lezat dan bercitarasa kuat. 

Bara api yang dipanaskan menyerap sempurna ke dalam masakan. Kamu juga bisa menggunakan briket keramik untuk memanggang dengan teknik grilling. Masakan yang cocok untuk teknik memanggang ini adalah barbeque dan berbagai jenis sate. 

3. Toasted

Pixabay.com/Cord Media Stuttgart

Toasted adalah teknik memanggang dengan suhu rendah. Biasanya, toasted lebih sering digunakan untuk membuat sarapan. Roti yang dipanggang dengan teknik toasted akan terlihat kecokelatan. Kamu perlu memasang api sedang untuk memanggang dengan cara ini. 

Jika kamu tidak memiliki toaster, kamu bisa menggunakan oven atau wajan untuk memanggang. Saat makananmu sudah menunjukkan warna kecokelatan, segera angkat agar mendapatkan toast yang sempurna. 

4. Broiling

thriftyfun.com

Broiling adalah teknik memanggang dengan memberikan radiasi panas secara langsung pada makanan. Teknik memanggang ini berbeda dengan baking dan suhu yang dibutuhkan lebih tinggi dari pada roasting

Bahan makanan yang cocok dipanggang dengan teknik broiling adalah ikan, unggas dan daging. Suhu yang digunakan untuk broiling sangat tinggi, sehingga kamu bisa menggunakan alat khusus seperti salamander. 

Baca Juga: 4 Cara Alternatif Memanggang Kue Tanpa Oven, Hasilnya Tetap Nikmat!

Verified Writer

Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya