TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Membersihkan Teflon Lengket dan Gosong Paling Ampuh

Gak merusak lapisannya

membersihkan teflon (thekitchn.com)

Aktivitas menggoreng kerap menggunakan teflon atau wajan antilengket. Meski dikenal antilengket, tapi teflon tetap harus dibersihkan, apalagi jika terdapat noda membandel di permukaannya. Saat membersihkan teflon, hindari menyikatnya asal-asalan, karena berpotensi merusak permukaannya.

Untuk mencegah hal ini, kamu perlu tahu cara membersihkan teflon lengket dan gosong  berikut. Bisa dipraktikkan setelah teflon dipakai memanggang ikan atau sate.

1. Gunakan sabun cuci piring

ilustrasi sabun cuci piring (pexels.com/karolina grabowska)

Cara membersihkan teflon lengket dan gosong yang paling umum dilakukan adalah menggunakan sabun cuci piring. Namun, langkah ini akan sedikit berbeda dengan mencuci wajan biasa.

Mula-mula, tuang sabun cuci piring dan air ke teflon, lalu didihkan selama 10 menit. Selanjutnya, dinginkan air rebusan sabun dalam 20 menit, tunggu hingga noda terkelupas dengan sendirinya. Buang air tersebut, lalu lap teflon sampai bersih dan kering.

Baca Juga: Resep Steak Sapi Teflon ala Rumahan dengan Saus Barbeque

2. Pakai baking soda

ilustrasi menuang baking soda ke panci (stayathomemum.com)

Baking soda bisa diandalkan untuk membersihkan kerak pada teflon, lho. Caranya cukup mudah, oleskan baking soda pada permukaan teflon, dan diamkan beberapa menit sampai noda kerak terkelupas. Setelah itu, bilas teflon dengan air hingga bersih.

3. Tuang cuka putih

ilustrasi cuka putih (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Kamu bisa menggunakan cuka putih untuk membersihkan teflon lengket dan gosong. Untuk melakukannya, masukkan tujuh sendok makan cuka putih pada teflon, lalu didihkan hingga kerak terkelupas. Jika sudah, buang airnya, bilas dengan air hangat, dan lap hingga kering.

4. Oleskan minyak

ilustrasi minyak (pixabay.com/congerdesign)

Jika teflon di rumahmu lengket dan gosong, coba oleskan minyak untuk mengatasi masalah ini. Setelah dioles minyak, tunggu sampai noda pada teflon melunak beberapa menit.

Jika sudah, gosok-gosok teflon dengan spons atau lap. Terakhir, lap teflon sampai bersih dan gunakan kembali.

Baca Juga: 10 Cara Membersihkan Wajan yang Gosong biar Bersih dan Mengkilap

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya