TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Kue Donat Punya Lubang di Tengah? Ternyata Ini Alasannya!

Ada tiga versi, mana yang lebih masuk akal?

Instagram.com/biskit.id

Kue donat memang identik dengan lubang di tengahnya, walau sekarang sudah banyak variasi modern yang tak demikian. Namun, pada tahu gak, bagaimana awal mulanya kue ini bisa berbentuk cincin raksasa?

Seorang pelaut asal Amerika Serikat bernama Hanson Crockett Gregory dianggap sebagai yang pertama kali mencetuskan lubang di kue donat. Namun, ada banyak cerita yang beredar soal dirinya, dan yang paling populer adalah tiga versi berikut ini.

1. Terjadi karena ketidaksengajaan

Instagram.com/biskit.id

Versi pertama menceritakan kisah Gregory di abad ke-16 yang tengah berlayar menuju Benua Amerika dari Belanda dan membawa juru masak dari sana. Para juru masak tersebut biasanya membuat olykoeks atau roti goreng khas Belanda.

Gregory yang saat itu tengah menikmati olykoeks di atas kapal tiba-tiba dihadang badai besar dan langsung memegang kemudi kapal. Karena panik, olykoeks yang ia bawa ditancapkan pada salah satu batang kemudinya.

Setelah gelombang kembali normal, ia melihat kue tersebut berlubang dan mendapati bentuknya jadi jauh menggiurkan daripada kue biasa. Sejak saat itu, juru masak kapal membuat donat berlubang. 

2. Kekecewaan Gregory karena kamatangan kue donat tidak merata

Instagram.com/biskit.id

Masih soal Gregory dan pelayarannya. Versi kedua ini nampak lebih meyakinkan dan masuk akal.

Diceritakan ia merasa kue goreng yang biasa tersaji di kapal kurang memuaskan, karena hanya renyah di bagian luarnya, sedangkan dalamnya berminyak dan lembek. Akhirnya, dia meminta juru masak kapal untuk membuat bentuknya menyerupai cincin, supaya bagian dalam adonannya matang merata.

Setelah dicoba, ternyata metode ini berhasil menjadikan kue olykoeks semakin garing dan matang menyeluruh. Sejak itulah kue goreng dibuat memiliki lubang di tengahnya dan diadaptasi hingga kini.

Menurut ahli kue dan pastry, lubang yang ada pada donat memang membantu proses pemanasan menjadi lebih rata dan maksimal, sehingga teksturnya lebih renyah.

Baca Juga: 11 Tips Membuat Donat Tanpa Telur, Tetap Empuk dan Lezat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya