TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Makna Manisan Kotak Segi Delapan yang Jadi Makanan Khas Saat Imlek

Bukan sekadar pemanis di atas meja

nationalpost.com

Selain kue keranjang, masih banyak makanan manis lainnya yang identik dengan Tahun Baru Imlek. Salah satunya seperti manisan. Aneka manisan kering serta permen wajib hadir di tengah perayaan. 

Tak sekedar manisan kering yang enak, biasanya manisan ditempatkan di wadah segi delapan. Kenapa segi delapan ya? Begini penjelasannya!

1. Manisan persegi delapan yang selalu ada dalam perayaan

skyscanner.com.my

Biasanya, kudapan manis ini diletakkan dalam tray alias nampan berbentuk persegi delapan. Makanya sering disebut sebagai manisan persegi delapan atau "tray of togetherness" dalam bahasa Inggris.

Nampan berisi permen ini kerap diberikan saat berkunjung ke rumah saudara atau kolega. Di wilayah China Selatan dan Hong Kong, nampan ini dikenal sebagai chyuhn haap atau yang artinya "kotak tahun" yang melambangkan kedamaian dan harmoni, sesuai dengan beraneka manisan yang berada dalam satu tempat.

Baca Juga: 10 Makanan Wajib yang Selalu Ada Saat Imlek, Semuanya Sarat Makna

2. Kenapa harus persegi delapan?

Flickr.com/hale_popoki

Bagi masyarakat Tionghoa, angka delapan punya makna spesial karena melambangkan keberuntungan. Dalam kata lain, diharapkan keberuntungan akan terus berdatangan selama setahun ke depan.

Tapi tradisi tersebut sudah berkembang. Tak selalu persegi delapan, banyak juga yang menempatkan kudapan manis dalam wadah modern berbentuk lingkaran dengan sekat, baik empat, enam, maupun delapan. 

Baca Juga: 7 Kelenteng Terbaik di Indonesia, Destinasi Asyik Saat Liburan Imlek

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya