TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Romeu e Julieta, Dessert Unik Khas Brazil

Perpaduan antara pasta buah dengan keju homemade, menarik!

romeu e julieta (instagram/ramonpieroni)

Brazil terkenal dengan kuliner berupa camilan unik yang sayang untuk gak dicicipi. Sebut saja seperti acaraje, kudapan yang terbuat dari kacang polong serta coxinha yang memiliki bentuk unik. 

Gak hanya itu saja, Brazil juga memiliki dessert yang menarik hati. Bentuk dan bahannya sederhana, namun namanya unik jadi pengen coba. Ya, romeu e julieta, nama camilan satu ini menyerupai tokoh dalam film romantis, Romeo dan Juliet. 

Penasaran dengan kisah dari dessert yang satu ini? Simak selengkapnya berikut, yuk!

1. Berasal dari Minas Gerais

romeu e julieta (instagram/stmarche)

Minas Gerais merupakan sebuah negara bagian di Brazil yang memiliki area terbesar keempat di Brazil. Romeu e Julieta dipercaya muncul saat orang-orang Portugis mulai membuat keju khas mereka sendiri.

Sementara jambu biji atau guava, digunakan orang Portugis untuk membuat keju quince atau juga dikenal dengan sebutan pasta quince. Mereka tidak menggunakan buah quince dan menggantinya dengan jambu biji, sehingga kini lebih dikenal dengan pasta guava

2. Bahan yang sederhana

romeu e julieta (instagram/momopalamo)

Karena hanya memerlukan dua bahan sederhana untuk membuat romeu e julieta ini, semua orang pun bisa untuk membuatnya. Cukup menyiapkan keju dan pasta jambu biji, yang kemudian disatukan.

Keju yang digunakan biasanya adalah queijo minas atau queijo mineiro yang memiliki rasa asin namun tak begitu kuat. Sedangkan untuk pasta guava yang dikenal dengan nama goiabada, hanya perlu mencampurkan jambu biji dengan gula dan air. 

Baca Juga: 11 Inspirasi Resep Dessert dari Nasi ala Efrita ASMR

3. Cara makan yang unik

romeu e julieta (instagram/brunnapires.s)

Karena bahannya begitu sederhana, cara menikmati romeu e julieta juga terbilang cukup unik. Biasanya, orang Brazil akan menusukkan kedua bahan yang sudah dipotong kecil ke tusuk gigi. 

Ada juga yang mengiris tipis kedua bahan, lalu menyantapnya menggunakan garpu. Romeu e julieta juga bisa dikombinasikan dengan makanan seperti toast, cheesecake, dan pizza. 

4. Nama yang berasal dari karya Shakespeare

romeu e julieta (instagram/acouguedobruno.vr)

Pastinya kamu sudah gak asing dengan nama camilan ini yang berasal dari karya Shakespeare, bahkan sudah difilmkan. Tak banyak yang tahu mengapa camilan Brazil ini dinamakan demikian. 

Namun, banyak yang percaya bahwa, bahan keju yang memiliki rasa kuat dan asin ini melambangkan sang Romeo. Sedangkan pasta guava manis dan lembut melambangkan Juliet. So sweet, ya!

Baca Juga: 5 Dessert dengan Coulis yang Bikin Sajian Tambah Manis

Verified Writer

Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya