TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Olahan Daging Sapi Khas Eropa Utara, Rasanya Istimewa!

Melihatnya saja sudah bikin ngiler

pariserbøf (instagram.com/mette_sloth_)

Setiap negara biasanya mempunyai olahan daging sapi yang siap memanjakan lidah. Negara-negara di Eropa Utara pun mempunyai varian hidangan berbahan dasar sapi yang siap membuat lidah senang, lho.

Olahan daging sapi ini terbuat dari daging sapi berkualitas tinggi dengan beragam rempah dan bumbu yang membuatnya makin menggugah selera. Berikut lima olahan daging sapi khas Eropa Utara yang bikin ngiler!

1. Skomakarlåda

skomakarlåda (instagram.com/iamjorgen.se)

Skomakarlåda merupakan makanan tradisional dari Swedia. Makanan ini dibuat dari irisan daging sapi yang dihidangkan dengan saus di atas kentang tumbuk.

Umumnya, di bagian atas diberi daging yang dipotong dadu dan daun bawang cincang. Makanan ini dianggap sebagai hidangan spesialisasi di Swedia yang dihidangkan pada jamuan keluarga sebagai makanan utama.

Skomakarlåda diartikan sebagai kotak pembuat sepatu. Namanya berasal dari bentuk irisan daging sapi yang menyerupai sol sepatu.

2. Kalops

kalops (instagram.com/mammansmat)

Kalops merupakan sup daging sapi Swedia yang kaya rasa dan menenangkan. Makanan ini dibuat dari potongan daging sapi yang dimasak perlahan dengan tambahan bahan, seperti bawang, merica utuh, daun salam, dan allspice.

Terdapat varian semur yang paling terkenal bernama skånsk kalops. Makanan ini merupakan hidangan khas daerah Skåne yang dilengkapi dengan wortel. Secara tradisional, hidangan ini disajikan bersama kentang dan acar bit.

Baca Juga: 5 Olahan Daging Sapi Khas Jepang yang Nikmat, Bikin Goyang Lidah

3. Biff à la lindström

biff à la lindström (instagram.com/matmedstenman)

Biff à la lindström jadi hidangan klasik asal Swedia. Hidangan ini berupa burger Swedia yang menggoda. Hal yang membuat ini berbeda dengan burger lain adalah penggunaan acar bit dan caper yang menambahkan rasa unik.

Bahan membuatnya adalah daging cincang, telur, bawang merah cincang, acar bit, caper, dan bumbu. Adonan selanjutnya dibentuk pipih, lalu digoreng atau dipanggang. Makanan ini disajikan dengan kentang rebus atau panggang, salad hijau, kangkung, atau asparagus.

4. Culottesteg

culottesteg (spisbedre.dk)

Olahan daging yang berasal dari Denmark, culottesteg, secara tradisional disiapkan dengan tutup sirloin atas. Ini merupakan steak daging sapi tanpa tulang dan tanpa lemak.

Bagian kulit umumnya dibiarkan di atas steak. Seluruh potongan daging direndam atau digosok dengan rempah sebelum dipanggang hingga empuk.

Steak dihidangkan dengan irisan kentang karamel atau rebus, sayuran, dan saus cokelat kental yang membuat hidangan makin menggoda. Pengin cobain gak, nih?

Baca Juga: 5 Jenis Saus Steak yang Populer di Dunia, Ada Chimmicurri!

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya