TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips biar Nasi Gak Cepat Basi dan Kering, Gunakan Jeruk Nipis!

Makan nasi yang sudah kering tentu gak enak

ilustrasi nasi (unsplash.com/Mgg Vitchakorn)

Ketika memasak nasi, kamu pasti pengin nasi tidak cepat basi dan menjadi kering. Oleh karena itu, kamu harus melakukan berbagai hal supaya nasi yang kamu buat gak mudah basi atau cepat kering.

Beberapa di antaranya yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mencuci beras, penggunaan air yang tepat, hingga mengaduk nasi saat memasak. Supaya bisa kamu lakukan, berikut beberapa tips biar nasi gak cepat basi dan kering. Terapkan, ya!

1. Mencuci beras hingga bersih

ilustrasi air mengalir (pexels.com/Samad Deldar)

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci beras hingga benar-benar bersih. Akan lebih baik jika menggunakan air yang mengalir. Ini menjadi cara yang dinilai efektif supaya nasi tak cepat basi dan kering. 

Selain itu, cara tersebut juga akan membuat nasi menjadi lebih bersih dan putih. Tak sampai di situ, dengan melakukan hal tersebut, nasi yang dihasilkan akan semakin enak.

2. Gunakan jeruk nipis atau lemon

ilustrasi jeruk nipis (unsplash.com/Shaun Meintjes)

Tips selanjutnya adalah memakai jeruk nipis atau lemon. Sebelum memasak nasi, kamu dapat memberikan tambahan beberapa tetes air jeruk nipis atau lemon ke dalam beras.

Pemakaian air jeruk nipis atau lemon selama ini dipercaya bisa menjadikan tekstur nasi lebih lembut dan sesuai dengan lidah. Selain itu, bisa membuat warna nasi lebih putih.

Baca Juga: 7 Resep Kreasi Nasi Menggunakan Rice Cooker, Gak Cuma Nasi Putih!

3. Gunakan air yang cukup saat memasak

ilustrasi nasi di dalam rice cooker (unsplash.com/Marek Piwnicki)

Pemakaian air untuk memasak nasi di rice cooker juga sangat berpengaruh. Kamu harus memastikan untuk memakai air yang cukup buat memasak nasi di rice cooker. Hindari penggunaan air yang kelebihan atau kekurangan.

Air yang berlebihan dapat menghasilkan nasi yang lembek dan mudah basi. Sedangkan kekurangan air bisa menjadikan nasi kering dan keras. Oleh sebab itu, selalu ikuti panduan pengisian air yang benar ketika memasak nasi.

4. Memilih rice cooker dengan kualitas yang terjamin

ilustrasi rice cooker (unsplash.com/Katherine Chase)

Memakai rice cooker yang berkualitas juga mempengaruhi keadaan nasi, lho. Kamu disarankan untuk tidak menggunakan rice cooker yang telah rusak atau beberapa bagiannya sudah tak berfungsi dengan baik.

Kamu wajib memastikan rice cooker yang dipakai dalam kondisi layak dengan elemen-elemen yang lengkap. Dengan begitu, nasi yang dihasilkan pun akan terasa enak.

Baca Juga: 5 Penyebab Nasi Cepat Kering di Rice Cooker dan Cara Mengatasinya

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya