TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Lakukan 5 Kesalahan Membuat Nachos Cheese Ini biar Rasanya Enak

Kalau salah caranya, rasanya juga akan salah

Pixabay.com/Larry White

Nachos dengan saus keju menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Gurih dan krispinya kentang dibalut saus keju membuat rasa nachos begitu istimewa. 

Kadang, ketika pengin membuat nachos di rumah, keju yang akan digunakan cenderung kental, kasar, dan berminyak, sehingga memasak pun gagal. 

Dilansir dari Mashed, ada beberapa hal yang harus kamu hindari saat membuat nachos. Simak di bawah ini!

1. Salah memilih keju

Pixabay.com/lipefontes0

Ketika membuat nachos cheese, gunakan keju lunak yang memiliki kelembapan cukup, seperti keju cheddar. Pasalnya, keju cheddar bisa meleleh dengan sempurna. 

Keju yang cenderung rapuh, seperti keju parmesan atau cheddar yang ekstra tajam, dapat menyebabkan tekstur kasar. Kunci ketika menggunakan keju yakni ketika mencampurkan dua keju yang lembut dengan 1/2 keju parmesan, hal ini akan membuat kelembutannya tetap konsisten. 

2. Sering menggunakan keju yang sudah dicacah

Simplysundaysfoodblog.com

Setelah mengetahui jenis keju yang cocok, hindari keju yang sudah di parut. Memang lebih mempersingkat waktu, tapi hal itu akan menjadi kesalahan terbesar. 

Kalau pernah menggunakan keju parut, kamu pasti memperhatikan bahwa setiap pecahan keju dilapisi sesuatu. Nah, biasanya itu terdiri dari kombinasi bahan-bahan tepung kentang, bubuk selulosa, dan natamycin.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah jamur dan penggumpalan. Keju yang sudah siap diparut tersebut tidak cocok dikombinasikan dengan nachos, apalagi dibuat saus keju. 

Baca Juga: Resep Membuat Tiramisu Cheese Steam Cake, Moodboster di Akhir Pekan

3. Salah dalam membuat roux

Thefreshloaf.com

Roux merupakan zat pengental yang terbuat dari tepung dan lemak yang digunakan dalam saus, lalu dimasak dengan warna tertentu. Nah, ketika menggunakannya, biasanya saus akan kental dan rasanya seperti tepung mentah. 

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya masak tepung sepenuhnya dalam lemak sekitar lima menit sampai aroma tepung mentah hilang. Setelah lemak dan tepung dicampur dan dimasak dengan baik, kocok susu perlahan ke dalam roux. 

Tambahkan susu sedikit demi sedikit. Tujuannya untuk memastikan semua tepung akan menghasilkan saus keju yang sangat halus.

4. Tidak menggunakan cheese powder

Drsunshinecellfoods.com

Cheese powder mirip bubuk keju cheddar yang halus, lembut, kuat, dan tajam. Biasanya ditaburkan langsung di atas popcorn dan sayuran, atau dijadikan sebagai cairan keju untuk nachos.

Jika cheese powder diolah dengan baik dan dicampur air secara perlahan, maka perpaduannya akan sempurna. Nah, sayang banget kalau kamu gak menggunakannya.

Baca Juga: 5 Resep Membuat Onde-onde yang Empuk dan Manis untuk Camilan Keluarga

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya