TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Bir Pletok, Khasiat Minuman Tanpa Alkohol Khas Betawi

Kandungan rempahnya banyak dan menyehatkan

ilustrasi bir pletok (instagram.com/resepherbalmujarab)

Sudah pernah minum bir pletok? Minuman ini identik berwarna merah dengan rasa dan aroma rempah yang kuat. Meski namanya bir, minuman khas Betawi ini sama sekali tidak mengandung alkohol, kok.

Malahan, bir pletok ini memiliki khasiat yang baik bagi tubuh yang tentunya jauh dari sifat memabukkan. Bir pletok sendiri sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda di Indonesia, lho.

Ingin tau fakta apa saja yang tersimpan dalam bir pletok khas Betawi, simak sederet faktanya berikut ini, yuk!

1. Bir pletok sudah ada sejak masa penjajahan

ilustrasi bir pletok (instagram.com/dapoergunamia)

Masyarakat Betawi menciptakan bir pletok pada masa penjajahan Belanda. Hal ini berawal sejak masyarakat Betawi mulai memperhatikan kebiasaan minum bir para kolonial Belanda. Menggunakan bahan baku rempah-rempah, masyarakat Betawi pun mulai meracik minuman sendiri dan diberi nama bir pletok.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Unik Khas Batam yang Wajib Dicoba

2. Asal usul namanya yang unik

ilustrasi bir pletok (instagram.com/agnesukentyniken)

Dilansir dari sudinpusarjakpus.jakarta.go.id, nama bir pletok diambil dari warna kemerahan yang menyerupai bir.  Sedangkan, nama pletok diambil dari suara yang terdengar saat mencampur minuman rempah ini di dalam wadah bambu. Hingga kini bir pletok masih populer di kalangan masyarakat Jakarta. 

3. Dibuat dari aneka rempah yang komplet

ilustrasi bir pletok (instagram.com/bir_pletok_bos_mamat)

Bir pletok memiliki campuran rempah-rempah yang cukup komplet dibanding minuman lainnya. Warna merah yang jadi khas bir pletok berasal dari kayu secang yang ada didalamnya.

Selain kayu secang, minuman ini juga mengandung jahe, serai, kayu manis, lada hitam, adas, cengkeh, cabe jawa, dan kapulaga. Bahan-bahan bir pletok tergolong komplet untuk secangkir minuman penghangat badan. 

4. Memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh

ilustrasi bir pletok (instagram.com/resepherbalmujarab)

Tak hanya digunakan menghangatkan badan, bir pletok juga sangat nikmat dijadikan minuman penambah stamina dan peningkat imunitas.

Baca Juga: 5 Resep Mudah Bikin Kue Khas Betawi, Stok Camilan untuk Akhir Pekan

Verified Writer

Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya