TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bahan Pengganti Santan untuk Aneka Masakan, Wajib Dicoba!

Gak kalah lezat meskipun tidak menggunakan santan

foodsguy.com

Santan merupakan bahan makanan yang terbuat dari sari kelapa. Ciri khas utama dari santan adalah warnanya yang putih khas kelapa. Biasanya santan banyak digunakan untuk menambah sensasi rasa gurih pada beragam olahan.

Namun, kadang kala banyak yang menghindari santan karena beraneka alasan, seperti karena kolesterol dan alasan lainnya. Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja bahan makanan untuk menggantikan santan pada masakan, yuk diintip.

1. Susu sapi

localbusiness.sg

Penggunaan susu sapi bisa dikatakan sebagai bahan makanan yang paling mirip dengan santan, apalagi dengan tampilan warna yang sama-sama putih. Namun, kamu perlu perhatikan untuk menggunakan susu sapi yang bercita rasa tawar agar tak begitu banyak mempengaruhi cita rasa pada masakan.

2. Krimer

thriftyfun.com

Krimer tak hanya dapat digunakan sebagai tambahan pada menu kopi, melainkan juga pada masakan buatanmu. Biasanya krimer memiliki tampilan yang bubuk sehingga dapat kamu larutkan dengan air terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu dapat menambahkan krimer tersebut ke dalam masakan. Penambahan krimer tak akan memengaruhi cita rasa pada masakan.

Baca Juga: Resep Membuat Tongseng Kambing Tanpa Santan yang Gurih dan Lezat 

3. Susu nabati

downshiftology.com

Selain susu sapi, kamu juga bisa menambahkan susu nabati sebagai bahan pengganti santan. Susu nabati contohnya antara lain susu almond ataupun susu kedelai. Meskipun secara konsistensi tak akan sekental santan, namun susu nabati dapat memiliki tampilan yang mirip dengan masakan bersantan.

4. Heavy cream

myfrugalhome.com

Penggunaan heavy cream ataupun whipped cream dapat menjadi alternatif dalam mengganti peran santan. Secara rasa memang heavy cream memiliki cita rasa gurih dengan konsistensi yang kental seperti santan. Tentunya dapat kamu coba di rumah untuk menggantikan peran santan.

Baca Juga: 7 Cara Memilih Kelapa untuk Santan, Beserta Tips Membuatnya

Verified Writer

Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya