Comscore Tracker

7 Cara Memilih Kelapa untuk Santan, Beserta Tips Membuatnya

Biar gak lagi-lagi beli santan dalam kemasan!

Banyak orang lebih memilih menggunakan santan instan daripada santan alami, karena menganggapnya lebih praktis. Padahal, rasanya gak bakal senikmat santan yang asli dari kelapa.

Belum lagi santan dalam kemasan sering ditambah bahan pengawet, gizinya jadi berkurang. Membuat santan asli sebenarnya bukan hal yang sulit, lho.

Kamu hanya perlu jeli saat memilih kelapa untuk santan. Berikut tips memilih kelapa beserta cara membuatnya yang benar.

1. Pilih kelapa yang sudah tua

7 Cara Memilih Kelapa untuk Santan, Beserta Tips Membuatnyard.com

Santan yang nikmat biasanya terbuat dari kelapa yang hampir tua. Sebab, daging kelapa lebih keras dan kadar airnya tak terlalu banyak. Kelapa tua juga sangat cocok diolah jadi minyak kelapa.

Cara memilihnya cukup mudah, yakni dengan memerhatikan kulit kelapanya. Warna kulit kelapa yang sudah tua cenderung cokelat. Sedangkan, yang masih muda warnanya lebih muda, bahkan ada yang hampir putih.

2. Pastikan air kelapa masih ada di dalam

7 Cara Memilih Kelapa untuk Santan, Beserta Tips Membuatnyawomenshealthmag.com

Selanjutnya, kamu bisa melihat kandungan air di dalam kelapa itu sendiri. Pilihlah kelapa yang saat dikocok terdengar suara airnya. Itu menandakan kelapa masih segar dan bagian dagingnya tak terkena udara luar.

Hindari memilih kepala yang sudah retak dan mengalami kebocoran. Sebab, hal ini memungkinkan udara masuk dan menimbulkan jamur di dalamnya. Selain itu, dagingnya juga lebih kering, sehingga kandungan sari kelapanya lebih sedikit.

3. Perhatikan ujung batok kelapa

7 Cara Memilih Kelapa untuk Santan, Beserta Tips Membuatnyajuremont.com.au

Ujung batok juga bisa menunjukkan tingkat usia kelapa, lho. Ujung batok kelapa membentuk lingkaran. Jika diameternya lebih kecil, artinya itu kelapa muda. Jika sebaliknya, itu berarti kelapa tua.

Namun, jika kelapa masih bercangkang, maka lebih mudah lagi untuk melihat kesegarannya. Bagian cangkang yang tipis cenderung gampang membusuk. Tanda busuknya terlihat dari jamur dan rasa air kelapa yang sudah asam dan berbau tak sedap.

4. Gunakan kelapa parut yang masih segar

7 Cara Memilih Kelapa untuk Santan, Beserta Tips Membuatnyaeatwell.co.nz

Untuk mendapatkan santan yang segar dan nikmat, cara terbaiknya adalah dengan diparut hingga halus. Kupas dulu hingga bersih, lalu parut dengan parutan bergerigi halus. Setelah diparut, sebaiknya langsung diolah menjadi santan.

Hindari menyimpannya terlebih dahulu, meskipun di dalam kulkas. Sebab, parutan kelapa bisa menjadi kering dan tak segar lagi. Rasa dan tekstur santan tak akan sesuai ekspektasimu nantinya.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Onde-onde yang Renyah dan Gak Mudah Ambyar

5. Rendam dengan air panas

7 Cara Memilih Kelapa untuk Santan, Beserta Tips Membuatnyathekitchn.com

Seringkali santan pecah saat sedang dimasak, ya gak? Biasanya ini terjadi karena cara merendamnya yang salah. Banyak orang yang membuat santan dengan direndam air biasa, padahal lebih baik dengan air panas.

Setelah kelapa diparut hingga halus, segera siram dengan air panas. Kemudian, diamkan dan rendam selama kurang lebih 15 menit sebelum diperas. Ini bisa membuat mengeluarkan sari-sari kelapanya lebih banyak.

6. Pastikan takaran airnya tak berlebih

7 Cara Memilih Kelapa untuk Santan, Beserta Tips Membuatnyavetsallnatural.com.au

Santan memang terbuat dari kelapa, tetapi ada tiga jenis santan yang berbeda. Sebenarnya yang membedakan hanya takaran air saja. Santan kental punya perbandingan seimbang dengan takaran air, misalnya 350 gram kelapa parut dengan 350 ml air.

Beda lagi kalau kamu membuat santan sedang, perbandingannya setara 1:2. Sedangkan, santan encer tentu lebih banyak menggunakan air, sehingga perbandingannya bisa 1:4. Mau santan yang mana saja, pastikan airnya gak terlalu banyak atau sebaliknya, ya.

7. Peras menggunakan kain

7 Cara Memilih Kelapa untuk Santan, Beserta Tips Membuatnyachefandsteward.com

Menyaring jadi salah satu proses paling penting saat membuat santan. Banyak orang yang memilih menggunakan saringan, padahal lebih baik memeras dengan kain, lho. Sebab, serat kain yang lembut dan kecil bisa menghasilkan lebih banyak air.

Pilih kain berserat lembut, seperti kain kasa, lalu letakkan kelapa di dalamnya. Peras sekuat tenaga hingga kandungan airnya habis. Dijamin bakal lebih banyak ketimbang menggunakan saringan, deh.

Itulah beberapa tips memilih kelapa yang tepat untuk santan beserta cara membuatnya. Gak perlu lagi beli santan dalam kemasan, deh. Selamat mempraktikkan dan semoga hasilnya memuaskan, ya!

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Cilok yang Empuk dan Kenyal, Lebih Mantul!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya