TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Kue Pastry yang Renyah dan Mengembang Sempurna, Lezat!

Kamu juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah 

Pexels/Madison Inouye

Ada beragam jenis kue yang dapat dicoba dan dinikmati. Menu pastry tak melulu harus kamu beli, melainkan juga dapat dibuat di rumah dengan menggunakan bahan yang telah disediakan. Namun, tak semua orang memahami bagaimana cara membuatnya pastry dengan benar agar hasilnya sempurna.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips membuat pastry yang tepat agar hasilnya maksimal, berikut lima daftarnya. 

1. Menggunakan bahan berkualitas

Pexels/Suzy Hazelwood

Sebelum membuat pastry, sudah tentu menyiapkan bahan-bahan adalah hal utama yang harus dilakukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pastry adalah tepung terigu protein tinggi, pastry shortening atau mentega khusus pastry, kuning telur, margarin, air dingin, dan garam. Pilih lah bahan-bahan di atas yang memiliki kualitas terbaik agar hasilnya pun maksimal. 

Baca Juga: 6 Kue Pastry Renyah yang Bikin Kamu Susah Berhenti Mengunyah

2. Memahami takaran adonan

Pexels/Skitterphoto

Setelah mempersiapkan bahan-bahan, kamu dapat pula membuat adonan sendiri di rumah. Sebelum itu, pastikan bahwa kamu telah memahami secara tepat takaran untuk membuat pastry agar hasilnya pun lezat maksimal dan tentunya tepat. Setelah proses pencampuran bahan bahkan hingga pengulenan, kamu dapat membungkus adonan dengan plastik dan letakkan beberapa saat di dalam lemari pendingin. 

3. Menggiling puff pastry dengan tepat

Pexels/Skitterphoto

Langkah yang satu ini cukup riskan karena harus dilakukan secara perlahan. Pahami betul bahwa kamu telah mengetahui cara dalam menggiling adonan pastry agar tak hancur. Giling lah secara perlahan agar tidak merusak adonan yang ada. Tentu dengan melakukan hal yang sesuai dengan langkah, maka adonan pastry pun dapat lezat maksimal. 

4. Menyimpan di lemari pendingin

Pexels/Curtis Adams

Setelah memastikan bahwa adonan telah selesai digiling, kamu dapat melanjutkan langkah selanjutnya yaitu membungkus dengan plastik dan meletakannya di dalam lemari pendingin. Proses ini mungkin akan memakan waktu beberapa kam sebelum akhirnya siap untuk dipanggang. Pastikan untuk menyimpannya dalam waktu yang tepat agar pastry nantinya dapat mengembang sempurna. 

Baca Juga: 6 Jenis Pastry yang Umum Dikonsumsi, Mana Favoritmu?

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya