TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Cumi-cumi Segar, Aromanya Anti Amis!

Cumi-cumi yang segar tentunya lebih sehat untuk dikonsumsi

ilustrasi cumi-cumi (foodiesfeed.com)

Cumi-cumi merupakan hewan laut yang cukup banyak dikonsumsi. Ciri fisik cumi-cumi adalah tubuhnya yang memanjang dengan teksturnya yang kenyal dan memiliki beberapa tentakel. Cumi-cumi biasanya banyak dimasak menjadi beragam sajian lezat yang tak kalah menggugah selera.

Untuk membuat sajian yang lezat, tentunya kamu perlu memilih cumi-cumi yang berkualitas dan segar. Dalam memilih cumi-cumi yang segar, kamu perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Perhatikan mata cumi-cumi

ilustrasi cumi-cumi (esa.int)

Kamu dapat melihat terlebih dahulu pada bagian mata cumi-cumi. Untuk menentukan kesegaran cumi-cumi, biasanya warna matanya cenderung jernih dan segar. Sementara untuk mata cumi-cumi yang pucat justru menunjukan bahwa kualitasnya sudah tidak bagus lagi.

Baca Juga: 5 Menu Lembut Berbahan Cumi-cumi, Rempahnya Terasa Meresap!

2. Bagian tubuh masih utuh

ilustrasi cumi-cumi (drhealthbenefits.com)

Dalam membeli cumi-cumi, kamu perlu memastikan bahwa setiap bagian dari cumi-cumi masih utuh. Kepala cumi-cumi masih terdapat pada bagian tubuhnya. Tubuh cumi-cumi yang masih utuh dapat menentukan bahwa kesegarannya terjaga dengan baik.

3. Masih mengeluarkan tinta

ilustrasi cumi-cumi (wacoca.com)

Pada saat proses pembersihan cumi-cumi, kamu dapat memerhatikan bagaimana bagian tintanya sering keluar. Tinta tersebut lah yang bisa kamu jadikan acuan bahwa kesegarannya masih terjaga. Dengan cumi-cumi yang masih mengeluarkan tinta, artinya hewan laut tersebut baru saja ditangkap.

4. Aromanya tidak menyengat

ilustrasi cumi-cumi (excitedcars.com)

Aroma cumi-cumi juga menjadi salah satu yang perlu kamu perhatikan. Pada saat proses pemilihannya, kamu dapat memerhatikan aroma yang menguar dari cumi-cumi. Aroma yang segar biasanya tetap amis, namun tak menyengat. Namun, cumi-cumi yang sudah lama justru memiliki aroma amis yang kuat.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Cumi-cumi yang Tepat Agar Tidak Bau Amis, Mudah!

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya