TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Unik Banget, 5 Hidangan Berbahan Dasar Nangka yang Wajib Kamu Coba

Lebih lezat dari pada di nikmati secara langsung lho

foodrevolution.org

Buah yang sudah umum tumbuh di pekarangan rumah ini memang memiliki keunikan tersendiri dari segi rasa maupun bentuk. Memiliki ciri khas getah pada setiap bagian pohon nya, tentu bukan hal mudah dalam mengupas nangka ya. Buah berbentuk lonjong ini memiliki isian berwarna kuning keemasan dengan cita rasa yang manis dan berbau harum apabila telah matang. Ada banyak sekali pengolahan yang di hasilkan dari nangka, baik untuk makanan berat hingga dessert, atau bahkan camilan.

Untuk kamu yang penasaran apa saja olahan enak dan mudah yang dapat dihasilkan dari mengolah buah nangka ini, intip yuk apa saja!

1. Ketan nangka thailand

trigology.com

Kata siapa hanya mango sticky rice yang memiliki cita rasa yang lezat? Faktanya, nangka juga bisa lho disulap menjadi olahan manis ditemani dengan ketan dan beberapa rempah lain. Rasa yang dihasilkan juga tentunya tidak akan kalah dengan dessert Thailand lainnya. Meski memiliki komposisi dan proses pengolahan yang hampir sama dengan mango sticky rice, tetapi ada perbedaan dari segi penampilan yang dihasilkan. Nangka ketan Thailand ini lebih terlihat unik dengan peletakkan ketan yang terdapat didalam daging nangka, sehingga kamu bisa mencicipi nangka sekaligus ketan dalam satu suapan.

2. Bubur sumsum pandan nangka

cookpad/Wina Kartika

Siapa yang suka bubur sumsum? Pastinya menu manis ini sudah sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia ya dengan kelembuatan bubur sumsum di dalamnya, aroma harum dari pandan, dan tentunya rasa manis dari nangka dan gula merah. Selain tidak repot untuk diolah, bahan-bahan yang digunakan juga terkesan mudah untuk ditemukan sehingga tidak akan menyulitkan kita yang ingin mencobanya. Cocok untuk dijadikan hidangan khas saat berkumpul bersama keluarga.

Baca Juga: Ini 10 Jenis Hidangan Es Khas Indonesia, Jabar Paling Banyak

3. Jackfruit tacos

simplyrecipes.com

Bosan dengan rasa tacos yang itu-itu saja? Mungkin inovasi nangka dalam isian tacos ini wajib jadi menu alternatif bagi kamu. Tapi perlu dipahami bahwa bagian dari nangka yang diolah menjadi tacos adalah bagian yang biasa di buat gudeg atau istilahnya nangka yang belum matang sempurna, karena tentu saja tacos ini adalah makanan yang khas dengan rasa gurih nya. Dengan komposisi menarik seperti alpukat, jagung, dan beberapa bahan lain, tentunya hal ini mampu menggugah selera makan ya.

4. Jackfruit burger

shape.com

Kata siapa nangka hanya untuk makanan manis saja? Buktinya nangka bisa disulap menjadi panganan dengan sentuhan internasional seperti burger ini. Nangka sering di kompilasikan sebagai buah vegan yang banyak diolah menjadi pengganti dari daging bagi beberapa orang, tentunya olahan burger yang satu ini mampu memenuhi hasrat para vegetarian yang ingin menikmati burger tanpa daging tentunya. Rasa yang dihasilkan dari nangka juga mirip dengan daging lho baik dalam segi konsistensinya juga, dijamin bikin nambah!

Baca Juga: Kaya Akan Rempah, Intip 5 Hidangan Menggoda dari Pakistan Ini

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya