Comscore Tracker

Enak Banget, 7 Macam Nasi Goreng yang Tersohor di Indonesia

Ada favoritmu gak ya

Semua orang pasti tahu dan pernah makan nasi goreng. Masakan yang populer hingga ke mancanegara ini, memang gak diragukan lagi kelezatannya. Meski sederhana, yakni hanya berbasis nasi yang ditumis dengan bumbu, nasi goreng selalu dicari oleh para pecinta kuliner. Dari mulai nasi goreng ala kaki lima atau gerobak dorong, yang kerap lewat di kampung-kampung, sampai nasi goreng bertaraf hotel bintang lima.

Makin ke sini, makin banyak varian nasi goreng yang bermunculan. Sekarang, nasi goreng gak sekedar nasi tumis berbumbu yang diberi telur dadar atau mata sapi saja. Ada banyak jenis nasi goreng yang juga gak kalah enaknya. Seperti tujuh macam nasi goreng berikut ini. Meski namanya sama, tapi cita rasanya jelas berbeda dan mempunyai keunikannya masing-masing.

Penasaran, apa saja? Yuk intip daftarnya berikut ini.

1. Nasi goreng babat

Enak Banget, 7 Macam Nasi Goreng yang Tersohor di Indonesiadapur-teh-enur.blogspot.com

Nasi goreng ini, konon katanya berasal dari kota Semarang, Jawa Tengah. Seperti nasi goreng khas Jawa pada umumnya, nasi goreng babat juga menggunakan bumbu ulek. Bumbu halus tersebut terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, garam, dan juga terasi udang. Setelah bumbu halus ditumis sampai harum, kemudian masukkan kocokan telur ayam, dan buat orak-arik sampai matang.

Lalu tambahkan potongan babat sapi, yang sudah dibacem dengan bumbu terlebih dahulu, agar babatnya tidak amis dan alot. Baru terakhir masukkan nasi putih dan aduk sampai merata.

2. Nasi goreng kambing

Enak Banget, 7 Macam Nasi Goreng yang Tersohor di Indonesiademediapustaka.com

Kalau kamu mampir di rumah makan serba kambing, pasti nasi goreng kambing jadi salah satu menu yang ditawarkan. Buat yang gak bisa makan daging kambing terlalu banyak, bisa nih pilih masakan ini sebagai solusi.

Biasanya nasi goreng kambing, dibuat dengan bumbu tumis yang terdiri dari campuran bawang merah dan bawang putih. Setelah bumbu tersebut ditumis, baru masukkan potongan daging kambing dan sedikit lemaknya. Masak sampai daging matang dan empuk. Baru beri irisan cabe rawit sesuai selera dan tambahkan nasi, serta bumbui dengan lada juga garam.

Nasi goreng kambing, terkenal dengan aromanya yang kuat dan bisa langsung bikin perut keroncongan. Supaya makin sedap, masakan ini akan disajikan bersama, kerupuk, irisan kol, tomat dan juga acar. Ayo, ngiler kan.

3. Nasi goreng ijo

Enak Banget, 7 Macam Nasi Goreng yang Tersohor di Indonesiawww.tokowahab.com

Sesuai namanya, nasi goreng ini memiliki tampilan warna yang berbeda dari nasi goreng pada umumnya, yakni berwarna hijau. Warna hijau ini bukan semata-mata karena menggunakan pewarna makanan ya, tapi karena memakai cabe hijau sebagai bumbu dasarnya. Cabe hijau yang diuleg bersama bawang merah, bawang putih dan cabe rawit hijau kemudian ditumis menggunakan minyak atau mentega.

Tambahkan kocokan telur, lalu orak-arik sampai matang. Terakhir masukkan nasi dan bumbu, seperti lada dan garam. Selain hanya memakai telur, bisa pula ditambahkan potongan daging ayam, cumi-cumi, udang dan sayuran.

Baca Juga: Ramah Kantong, 5 Nasi Goreng Enak di Malang Ini Wajib Kamu Coba

4. Nasi goreng kornet

Enak Banget, 7 Macam Nasi Goreng yang Tersohor di Indonesiacookpad.com/Avieb Rifki Anggita

Kornet ternyata gak hanya enak digoreng dengan kocokan telur ayam saja, tapi bisa dijadikan campuran dalam nasi goreng. Dengan menambahkan kornet ke dalam nasi goreng, bisa membuatnya menjadi lebih kaya rasa dan mempunyai aroma yang khas serta menggugah selera. Biasanya, nasi goreng kornet dapat ditemui di restoran-restoran maupun hotel. Tapi kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah kok.

Dengan mengandalkan bumbu nasi goreng siap pakai, irisan bawang bombay, daun bawang, cabe rawit, margarin, kornet dan juga nasi kamu sudah bisa menyajikan sepiring nasi goreng kornet nan lezat untuk keluarga tercinta.

5. Nasi goreng nanas

Enak Banget, 7 Macam Nasi Goreng yang Tersohor di Indonesiacitarasaindonesia.co.id

Nasi goreng yang satu ini, biasanya disajikan di dalam mangkok yang terbuat dari buah nanas yang dibelah dua kemudian, dilubangi di bagian tengahnya. Daging yang dicongkel tidak dibuang begitu saja, tapi dijadikan campuran untuk nasi gorengnya. Cita rasa nasi goreng nanas memang sedikit berbeda. Karena selain gurih dan pedas, nasi goreng ini juga punya rasa asam dan segar dari potongan buah nanas tadi.

Selain lezat dan mengenyangkan, nasi goreng ini juga instagramable banget lho kalau difoto. Ayo, siapa yang hobi cepret-cepret makanan sebelum dimakan?

6. Nasi goreng mawut

Enak Banget, 7 Macam Nasi Goreng yang Tersohor di Indonesiastyl.id

Ini nih, idolanya anak kost kalau lagi laper tengah malem, nasi goreng mawut bisa jadi solusi menghentikan perut keroncongan. Porsinya sih gak jauh beda sama jenis nasi goreng lainnya, ya cuma karena ditambah dengan mie kuning jadi double kenyang deh. Selain tambahan mie kuning, biasanya nasi goreng mawut juga ditambah irisan kol, daun bawang, suwiran daging ayam dan telur ceplok.

Seporsi nasi goreng mawut bisa buat makan berdua deh kayaknya. Irit sekaligus romantis, kalau makannya bareng pasangan. Hehe.

7. Nasi goreng seafood

Enak Banget, 7 Macam Nasi Goreng yang Tersohor di Indonesiaresepcaramasakan.com

Tentu saja, sesuai namanya nasi goreng ini memiliki isian aneka seafood. Sebut saja, cumi-cumi, udang, daging kepiting, sampai kerang dan scalop. Aroma khas laut bakal tercium saat menikmati nasi goreng seafood ini. Buat kamu yang termasuk salah satu pecinta hidangan ikan air asin, nasi goreng seafood bisa jadi pilihan yang sedikit berbeda.

Kalau biasanya makan seafood dengan cara dibakar atau digoreng, menyuapkan aneka seafood bersama nasi, jadi paket mengenyangkan yang tinggal lahap. Yakin deh, satu porsi gak bakal cukup. Pasti minta tambah lagi.

Gimana nih, sudah ketemu belum nasi goreng favoritmu ada di nomer berapa?

Baca Juga: Ini 7 Kuliner Legendaris yang Nikmat dan Masih Eksis di Bandung

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You