Comscore Tracker

5 Hal Penyebab Nasi Cepat Basi Ketika Dimasak dengan Rice Cooker

Jangan sampai basi lagi, deh

Kecanggihan teknologi memudahkan kita dalam menjalani kehidupan. Salah satu kecanggihan teknologi yang memudahkan hidup kita adalah rice cooker. Kini kita tidak perlu susah-susah menanak nasi di atas tungku, cukup masukkan beras dan air ke dalamnya, colokkan kabel pada listrik, pencet tombolnya dan kita tunggu saja secara otomatis dia akan matang dengan sendirinya.

Namun, dibalik kecanggihan tersebut tentu saja ada kelemahannya, lho. Jika kita tak pandai mengenali rice cooker bisa-bisa nasi yang kita masak cepat basi. Pasti kamu tidak mau, dong? Untuk itu simak bersama, yuk 5 hal penyebab nasi cepat basi ketika dimasak dengan rice cooker.

1. Jarang membersihkan rice cooker

5 Hal Penyebab Nasi Cepat Basi Ketika Dimasak dengan Rice Cookerscribbles.in

Seperti halnya diri dan lingkungkan, rice cooker juga wajib banget untuk rutin dibersihkan. Jika, tidak rutin dibersihkan maka akan berpengaruh dengan nasi yang kita masak. Pasalnya bau yang menempel akan susah hilang. Kebayang, dong kita pernah memasak nasi dan pernah basi lalu lupa tidak membersihkan seluruh bagian rice cooker kemudian digunakan untuk menanak nasi baru lagi?

Sebaiknya benar-benar perhatikan kebersihan rice cooker, bersihkan rice cooker dari sisa nasi yang menempel, nasi kering, serta lubang uap untuk keluar. Biasanya bagian ini paling rentan terkena kuman yang akan membuat kualitas nasi kita cepat basi jika tidak sering dibersihkan.

2. Lupa mengaduk nasi saat matang

5 Hal Penyebab Nasi Cepat Basi Ketika Dimasak dengan Rice Cookermashed.com

Meski sepele namun pernah ada seorang netizen yang membuktikan kebenaran akan hal ini, lho. Tak tanggung-tanggung netizen tersebut membuktikannya dengan teori fisika. Pasalnya ketika kita memasak nasi dalam rice cooker, ketika nasi sudah matang masih ada sisa uap yang tertinggal diantara bulir nasi.

Segeralah aduk nasi sesaat setelah ia matang, agar uap-uap yang terperangkap dapat terlepas. Jika upa terperangkap maka hanya akan membuat nasi lebih cepat berair kemudian basi. Oleh karenanya, jika kamu belum tahu trik ini sebaiknya mulai sekarang segera dilakukan, ya.

3. Tidak memperhatikan kapasitas listrik

5 Hal Penyebab Nasi Cepat Basi Ketika Dimasak dengan Rice Cookerhoneybadgerboost.com

Masing-masing alat elektronik pasti memiliki voltase berbeda, begitu pula dengan rice cooker. Umumnya rice cooker memerlukan tegangan sebesar 220 V. Bila listrik di rumah kamu sering kali mati atau masih belum sesuai sehingga tegangannya tidak kuat.

Segera ganti, deh karena listrik yang sering kali mati selain membuat rice cooker-mu cepat rusak juga hanya akan membuat kematangan nasimu menjadi tidak maksimal. Sehingga, tak jarang nasi yang dihasilkan akan lebih cepat basi.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Telur Pakai Rice Cooker, Cocok Banget buat Anak Kost

4. Memasak nasi dengan rice cooker yang sudah rusak

5 Hal Penyebab Nasi Cepat Basi Ketika Dimasak dengan Rice Cookerleaf.tv

Semua alat elektronik pasti memiliki jangka waktu pemakaian, begitu pun dengan rice cooker. Bila rice cooker yang kamu gunakan sudah melebihi batas jangka waktu pemakaian sudah saatnya, lho mengganti dengan rice cooker kamu dengan yang baru.

Pasalnya, menggunakan rice cooker yang sudah rusak karena pemakaian yang lama hanya akan membuat naismu cepat basi. Hal ini terjadi karena daya hantar listrik yang dihasilkan sudah tidak lagi optimal.

5. Rice cooker tidak tertutup dengan rapat

5 Hal Penyebab Nasi Cepat Basi Ketika Dimasak dengan Rice Cookeroscarcon.kr

Jika rice cooker tidak tertutup rapat maka akan membuat udara lain dengan mudah masuk ke dalamnya. Udara inilah yang berpotensi besar merusak nasi kamu sehingga akan cepat berair dan basi. Sebaiknya perhatikan lagi ketika menutup rice cooker. Pastikan kamu telah menutupnya dengan benar-benar rapat agar nasi tetap hangat dan terjaga kualitasnya.

Demikian, 5 hal penyebab nasi cepat basi ketika dimasak dengan rice cooker. Meski terlihat sepele namun jika diabaikan bisa-bisa akan lebih parah, deh. Kamu nggak mau, kan?

Baca Juga: 5 Masakan Mewah yang Bisa Kamu Buat Pakai Rice Cooker, Gak Ribet Kok!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya