Comscore Tracker

Mengenal Decaf Coffee, Kopi yang Hampir Gak Ada Kandungan Kafeinnya

Mengenal lebih jauh soal kopi decaf

Kopi decaf memang lebih di kenal sebagai kopi yang aman di konsumsi bagi orang yang memiliki maag akut. Kata-kata dari decaf pun mudah di tebak, karena artinya itulah kopi tanpa kafein.

Bagi orang pecinta kopi, kopi tanpa kafein akan terasa hambar, namun ini lah fakta-fakta mengenai kopi decaf!

1. Mengalami proses yang panjang

https://www.youtube.com/embed/kU3-dv4ikxU

Proses membuat kopi decaf sangat panjang. Hal yang utama dalam proses ini adalah memasukan biji kopi di suhu kondisi air yang sangat tinggi. Sehingga saat proses ini terjadi kafein yang berada pada biji kopi tersebut akan hilang.

Proses ini setidaknya memakan waktu selama 8 jam, dengan tekanan air yang sangat tinggi. Namun filter yang terdapat dalam proses ini hanya menghilangkan kafeinnya saja, dan tidak menghapus rasa kopi yang khas.

Mengilangkan kafein tidak menjamin kafein akan hilang secara 100 persen. Kopi decaf memiliki 3 miligram kafein, sedangkan kopi normal memiliki setidaknya 80-120 miligram kafein.

2. Proses yang mahal!

Mengenal Decaf Coffee, Kopi yang Hampir Gak Ada Kandungan Kafeinnyapexels.com/@burst

Kopi decaf juga memiliki proses yang mahal. Di karena banyak step-step lainya yang membutuhkan mesin, dan produk kimia lainnya. Seperti proses karbon dioksida yang di gunakan pada biji kopi.

Proses ini membantu agar kafein yang terdapat biji kopi hilang terbawa oleh karbon dioksida. Setelah proses ini terjadi maka, karbon dioksida dan kafein akan melalui proses yang menggunakan charcoal filtering. 

 

3. Efek kopi decaf pada kesehatan

Mengenal Decaf Coffee, Kopi yang Hampir Gak Ada Kandungan Kafeinnyapexels.com/@rawpixel

Sebenarnya komponen dari kopi seperti lignans dan chlorogenic acid, ini tidak akan hilang selama proses decaf. Dan di zat ini lah kopi dapat mencegah penyakit diabetes. Dan baik kopi biasa atau decaf sama-sama memiliki zat magnesium yang tetap merangsang fungsi otak. 

Tidak hanya itu meminum kopi decaf juga akan membantu menjaga liver kalian, zat aflatoxin akan memicu produksi glutathione yang akan membantu kinerja liver manusia. 

Baca Juga: 8 Kreasi Kopi dari Negara-negara di Afrika dan Amerika

4. Zat-zat kimia yang digunakan

Mengenal Decaf Coffee, Kopi yang Hampir Gak Ada Kandungan Kafeinnyapexels.com/@rodolfoclix

Karena telah mengalami proses yang menghilangkan kafein secara tidak alami, tentu proses ini juga dikabarkan memiliki kemungkinan mengandung zat-zat yang berbahaya untuk tubuh manusia.  Karena pada masa filterstation itu tidak menjamin semua zat yang berbahaya bagi manusia akan terbuang.

5. Bisa memberi kecanduan kafein!

Mengenal Decaf Coffee, Kopi yang Hampir Gak Ada Kandungan Kafeinnyaunsplash/Nathan Dumlao

Dikarenakan kafein yang sedikit pada kopi decaf, tanpa sadar orang akan meminum kopi jenis satu ini lebih banyak. Sehingga tanpa sadar orang akan meminum kopi dengan standar kafein yang sama dengan kopi pada umumnya.

Bila kalian memiliki maag akut, maka proses ini juga akan bisa menyebabkan sakit maag akut kalian berlanjut. Dan efek dari kopi adalah menjadi kurangnya daya serap zat besi yang dapat menyebabkan tulang keropos pada bagian pinggul.  Karena pada kopi terdapat non-heme iron yang akan menyerap zat besi. Terutama pada wanita, hal ini wajib di ketahui.

6. Kopi biasa vs kopi decaf

Mengenal Decaf Coffee, Kopi yang Hampir Gak Ada Kandungan Kafeinnyapexels.com/@kaboompics

Sebenarnya meminum kopi decaf, adalah pilihan. Pada dasarnya kopi dapat menyebabkan asam lambung naik, dan bila anda memiliki maag akut sebaiknya meminum kopi di kurangi.

Namun, menghilangkan kafein pada kopi tidak dapat di lakukan 100 persen, hanya 97 persen, kafein akan hilang. Namun manfaat kopi tidak akan hilang setelah memiliki proses decaf. 

Dan itulah 6 hal mengenai kopi decaf, semoga membantu!

Baca Juga: 5 Kreasi Unik Kopi Kekinian ala Kafe, Cuma Pakai Kemasan Instan

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya