Comscore Tracker

6 Kuliner Khas Salatiga yang Super Enak, Sudah Pernah Coba?

Jangan cuma transit doang tanpa cicipi makanannya

Dikenal sebagai kota transit di jalur Pantura, Salatiga sering terlupakan masyarakat. Padahal Kota Salatiga memiliki kekayaan kuliner yang lezat.

Sayang banget kalau kita cuma transit tanpa cobain kuliner enak di Salatiga. Berikut ini ada enam kuliner terbaik Salatiga yang wajib kamu cicipi saat singgah atau sekadar transit di sana.

1. Sate sapi suruh

6 Kuliner Khas Salatiga yang Super Enak, Sudah Pernah Coba?tripadvisor.co.id/vindynovianti

Jika makan sate ayam sudah biasa, kamu wajib cobain sate sapi suruh khas Salatiga. Kuliner legendaris ini sudah ada sejak 1987.

Sampai saat ini pun masih menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung ke kota kecil ini. Potongan dagingnya yang cukup besar akan bikin kamu kenyang hanya dengan memesan seporsi saja.

Dagingnya yang empuk dan paduan siraman bumbu kacang yang lezat akan membuatmu ketagihan deh. Gak percaya? Langsung aja coba ke jalan Jenderal Sudirman Nomor 16F, Salatiga.

2. Soto esto

6 Kuliner Khas Salatiga yang Super Enak, Sudah Pernah Coba?foodspotting.com

Kelaparan pagi-pagi di Salatiga, paling cocok kalau isi perut dengan soto ayam terkenal di sini, yaitu Soto Esto. Kuah santan yang gurih, ditambah taburan kecambah, mi, dan irisan ayam, akan membuat rasa laparmu hilang seketika.

Jangan lupa harus ada kerupuk karak yang terbuat dari nasi yang dikeringkan ya. Sate kerang, sate telur puyuh, dan teh hangat juga menjadi pelengkap wajib. Beuhhhh!  Jangan sampai kehabisan ya.

3. Nasi Kucing Senjoyo Pak Sus

6 Kuliner Khas Salatiga yang Super Enak, Sudah Pernah Coba?foursquare.com

Berkunjung ke Salatiga, gak sah kalau gak cobain warung lesehan yang selalu ramai dikunjungi anak muda di sini, nasi kucing senjoyo Pak Sus. Sama seperti pada umumnya, nasi kucing yang disajikan di sini terdiri dari aneka sate seperti sate usus, sate kulit ayam, sate telur puyuh.

Ada pula gorengan, ayam goreng, dan tempe bacem. Rasakan nikmatnya malam kota Salatiga di warung angkringan di jalan Senjoyo Salatiga ini. Gak bakal rugi deh!

Baca juga: 7 Makanan Khas Semarang yang Bisa Jadi Pilihan Oleh-oleh

4. Ronde sekoteng jago

6 Kuliner Khas Salatiga yang Super Enak, Sudah Pernah Coba?salatigacity.com

Nikmati kota Salatiga dengan yang hangat-hangat sepertinya menarik. Nah, kalau gitu kamu wajib cobain kuliner tempo dulunya Salatiga, yakni ronde dan sekoteng.

Ronde adalah bola-bola yang terbuat dari tepung beras berisi gula merah, dinikmati dengan kuah jahe, dan kacang tanah. Sedangkan, sekoteng adalah minuman yang terbuat dari air jahe dan biasanya dihidangkan bersama dengan kacang hijau, kacang tanah, dan irisan roti tawar.

Kebayang gak sih hangatnya di tenggorokanmu gimana?

Salah satu yang paling terkenal di Salatiga adalah ronde sekoteng Jago. Rasa kuah jahenya yang pas dan isian yang lengkap membuat warung ronde sekoteng Jago sangat laris. Jadi jangan lupa hangatkan dirimu dengan kuah jahe ciamik ini.

5. Toko Oom Tan

6 Kuliner Khas Salatiga yang Super Enak, Sudah Pernah Coba?tokopedia.com

Meski memang kota transit, tapi sayang banget kalau kamu hanya sekadar lewat tanpa membeli oleh-oleh khas Salatiga ini. Salah satu pusat oleh-oleh khas Salatiga yang terkenal adalah Toko Oom Tan.

Jajanan khas Salatiga yang dijual di sini antara lain permen asem, singkong keju, gula kacang, enting-enting gepuk cap klenteng, dan masih banyak lagi yang lainnya. Lokasinya ada di jalan Jenderal Sudirman, Kalicacing, Sidorejo, Salatiga.

Oleh-oleh yang banyak diburu adalah enting-enting gepuk cap klenteng yang terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk dengan gula merah yang dipanaskan. Jadi rasanya ada manis dan gurih, cocok banget untuk teman minum teh.  

6. Gecok kambing

6 Kuliner Khas Salatiga yang Super Enak, Sudah Pernah Coba?travel.kompas.com

Pencinta daging kambing yang berkunjung ke Salatiga, wajib banget cobain gecok kambing. Kuliner khas Salatiga yang satu ini memiliki kuah santan yang khas dengan racikan bumbu rempah-rempah serta kelapa sangrai.

Rasa dagingnya kaya bumbu dan empuk. Dijamin bakalan ketagihan deh! Salah satu yang terkenal adalah Gecok Kambing Bu Sri, tapi kamu  bisa menemukannya di dalam restoran-restoran di Salatiga juga kok.

Gimana? Tertarik mampir dan cobain kulinernya Salatiga?

Baca Juga: 10 Makanan Khas Betawi yang Paling Favorit dan Terkenal!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You