Comscore Tracker

5 Makanan Asli dari Pulau Nusa Penida Ini Wajib Kamu Coba!

Cocok buat kamu yang doyan wisata kuliner

Pulau Nusa Penida termasuk salah satu wilayah di dalam Kabupaten Klungkung, Bali yang terletak di tenggara Pulau Bali. Pulau seluas 202.8 km persegi ini memang menyajikan berbagai pemandangan alam yang menakjubkan. Namun, bukan hanya itu saja yang membuat pulau ini menarik, tapi Nusa Penida juga terkenal akan kulinernya yang nikmat rasanya. 

Buat kamu yang akan berkunjung ke Bali, terutama yang ingin mengunjungi Nusa Penida, maka kamu tidak boleh nih melewatkan beberapa makanan khasnya berikut ini. 

1. Bubur Ledok

5 Makanan Asli dari Pulau Nusa Penida Ini Wajib Kamu Coba!instagram.com/scheherazadeindonesia/

Bubur Ledok merupakan makanan khas dari Nusa Penida yang berupa sajian bubur, tetapi berbeda dari bubur pada umumnya. Bubur ini terbuat dari jagung yang dicampur dengan berbagai macam sayuran dan daun singkong, serta kuahnya ditambahkan dengan berbagai rempah-rempah khas yang membuatnya tambah nikmat. 

Sedangkan rasanya begitu gurih dan harganya juga sangat terjangkau sehingga pasti pas banget buat para backpacker. Bagi yang ingin mencoba hidangan ini kamu dapat menemukannya di berbagai tempat dan di pinggir jalan. 

2. Tipat Cantok

5 Makanan Asli dari Pulau Nusa Penida Ini Wajib Kamu Coba!instagram.com/wr.kelapa_bali/

Tipat Cantok juga jadi makanan khas dari Nusa Penida dan Bali yang mirip dengan gado-gado. Kudapan ini mirip dengan gado-gado karena menggunakan berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, kemangi, tahu, kecambah, dan lainnya yang dicampur dengan bumbu kacang nikmat.

Namun perbedaannya ada pada bumbu dan bahannya yang tidak sebanyak gado-gado yang banyak terdapat di Jawa. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Bali, maka jangan lupa untuk mencicipi hidangan murah meriah ini. 

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Bali yang Jarang Dicoba Traveler, Padahal Enak Banget

3. Jukut-Jukut

5 Makanan Asli dari Pulau Nusa Penida Ini Wajib Kamu Coba!instagram.com/mankjarot/

Kemudian ada lagi masakan Jukut-Jukut yang berupa sup khas dari Nusa Penida, Bali yang juga harus dicoba. Masakan ini menggunakan berbagai macam sayuran, seperti kacang merah, jagung, daun kelor, dan singkong. Rasa jukut-jukut cukup unik dan segar layaknya sop sayuran pada umumnya dan ditambah berbagai bumbu khas yang pasti membuat rasanya berbeda. 

4. Sate Lilit Ikan

5 Makanan Asli dari Pulau Nusa Penida Ini Wajib Kamu Coba!instagram.com/rin_r1nz/

Sate lilit ikan juga jadi makanan khas di pulau ini. Namun makanan satu ini juga dapat dengan mudah ditemui di Bali pada umumnya. Sajian sate lilit ini menggunakan daging ikan yang digiling dan ditambahkan berbagai bumbu-bumbu, lalu dicampur yang membuatnya bercita rasa nikmat. 

Sate lilit ikan di Nusa Penida dapat ditemui di berbagai tempat dan banyak pula penjual kaki limanya, yang mana menawarkan sate dengan harga yang terjangkau. 

5. Jukut Komak

5 Makanan Asli dari Pulau Nusa Penida Ini Wajib Kamu Coba!instagram.com/dapur_mbujegeg/

Terakhir, ada Jukut Komak yang juga jadi makanan asli dari Nusa Penida yang sangat khas. Sajian sayuran berkuah ini terbuat dari bahan kacang komak atau disebut juga dengan kacang kara. Namun sayur ini memiliki cita rasa unik karena menggunakan bumbu genep atau bumbu lengkap khas Bali. 

Buat kamu yang ingin merasakan sajian jukut komak ini, maka kamu dapat menemuinya di berbagai rumah makan dan restoran di Nusa Penida dan Nusa Lembongan. 

Sekarang kamu sudah tahu kan kelima makanan khas Pulau Nusa Penida yang memiliki cita rasa enak tentunya. Kira-kira kamu mau coba yang mana duluan?

Baca Juga: 8 Pantai Terindah di Kawasan Uluwatu Bali, Surganya Pencinta Senja 

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya