Comscore Tracker

5 Makanan Khas Karangasem Bali yang Nikmat dan Wajib Dicoba

Rasanya lezat dan khas

Karangasem merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Bali yang berlokasi di ujung paling timur dari provinsi ini. Berada di Pulau Bali tentunya membuat daerah ini memiliki berbagai pariwisata baik alam maupun buatan yang menarik untuk dikunjungi. Tetapi ada lagi nih yang perlu dicoba dari kabupaten ini yakni makanannya yang juga gak kalah nikmatnya dibandingkan dengan daerah lainnya di Bali. 

Kuliner di Karangasem cukup menarik dan menghadirkan berbagai pilihan makanan yang nikmat dan khas. Nah, buat kalian yang akan berlibur ke Bali, maka gak ada salahnya untuk mencicipi beberapa sajian kuliner di Karangasem berikut ini. 

1. Nasi Sela

5 Makanan Khas Karangasem Bali yang Nikmat dan Wajib Dicobainstagram.com/warung_gede_bali/

Nasi Sela merupakan makanan khas dari Kabupaten Karangasem yang berupa campuran nasi dan cacahan ubi yang membuatnya khas. Mulanya hidangan ini berguna untuk menambah volume nasi pada saat masa-masa sulit zaman dahulu. Namun saat ini Nasi Sela menjadi salah satu hidangan yang digemari oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Bali. 

Rasa makanan ini begitu nikmat dan ada sedikit manis dari ubi campuran nasinya. Selain itu sekarang hidangan nasi ini dapat dicampur dengan aneka macam lauk ayam betutu, urap, sate lilit, dan lainnya. 

2. Plecing Telengis

5 Makanan Khas Karangasem Bali yang Nikmat dan Wajib Dicobaihategreenjello.com

Ada lagi nih sajian makanan khas Karangasem, Bali lainnya yang bernama Plecing Telengis. Makanan satu ini terbuat dari sayur bayam ataupun kangkung yang dikukus atau direbus, lalu dicampur bersama dengan bumbu khas Bali yang khas bernama Telengis.

Asal bumbu telengis dari endapan santan yang dimasak berupa minyak sehingga menghadirkan rasa yang nikmat dan berbeda dibandingkan dengan olahan sayur lainnya. Perpaduan kesegaran sayur dan minyak beserta bumbu-bumbu lainya membuat rasanya begitu nikmat dan gurih. 

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Bali yang Jarang Dicoba Traveler, Padahal Enak Banget

3. Pepes Telengis

5 Makanan Khas Karangasem Bali yang Nikmat dan Wajib Dicobathekencana.co

Lalu ada lagi nih makanan yang berbumbu telengis lainnya, yakni Pepes Telengis atau Pepes Klengis yang juga khas dari Karangasem, Bali.  Sajian pepes ini menggunakan berbagai macam daging, baik ayam, udang dan ikan yang dihaluskan serta dikukus yang dibalut dengan daun pisang.

Keunikan pepes ini berbeda dibandingkan dengan pepes biasanya yang menggunakan telengis yang merupakan minyak kelapa dan tentunya dipadu dengan bumbu lainnya yang membuat cita rasanya semakin lezat. 

4. Sate Serapah

5 Makanan Khas Karangasem Bali yang Nikmat dan Wajib Dicobainstagram.com/satyawikertha/

Kemudian ada pula Sate Serapah yang juga menjadi makanan khas Karangasem, Bali yang perlu untuk dicoba. Sajian sate ini berbahan dasar ayam, namun bukan dagingnya tapi bagian kulit, usus, hati ataupun jeroan lainnya.

Tidak hanya itu saja, melainkan bumbunya juga berbeda dibandingkan dengan sate lainnya yang menggunakan bumbu kuning dengan rasa yang berbeda tentunya pada sate pada umumnya yang berbumbu kacang. 

5. Tipat Blayag

5 Makanan Khas Karangasem Bali yang Nikmat dan Wajib Dicobainstagram.com/ayukraiambari/

Terakhir, tak ketinggalan ada pula Tipat Blayag yang juga khas Karangasem dan dapat pula ditemui di Buleleng, Bali. Sajian hidangan ini berupa ketupat yang dibungkus dengan daun kelapa muda atau yang disebut janur. Makanan ini juga disajikan dengan ayam suwir, sayur potongan telur dan guyuran kuah yang membuat rasanya semakin lezat. 

Pastinya makanan ini memiliki cita rasa yang berbeda dibandingkan dengan sajian kuliner dari daerah lainnya. Serta menjadi salah satu makanan favorit bagi wisatawan yang datang ke Karangasem, Bali. 

Nah, buat kalian yang suka banget wisata kuliner, maka kalian bisa nih mencicipi kelima hidangan khas Karangasem, Bali di atas. 

Baca Juga: Resep Be Mesere, Kuliner Khas Bali yang Bikin Nagih

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya