Comscore Tracker

6 Makanan Khas Banjarmasin Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan Begitu Saja

Ada yang sudah mulai langka loh..

Berkunjung ke suatu tempat terasa belum lengkap tanpa menikmati kuliner khasnya. Begitu pula saat berkunjung ke Banjarmasin. Kota seribu sungai ini memiliki beragam kuliner khas yang nikmat untuk disantap saat menemani liburanmu. Apa aja sih?

1. Mandai

6 Makanan Khas Banjarmasin Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan Begitu Sajabeautiful-indonesia.umm.ac.id

Mandai/manday ini terbuat dari kulit cempedak (Tiwadak, dalam bahasa Banjar) yang diolah sedemikian rupa setelah melalui proses fermentasi. Kulit buah cempedak bagian dalam yang terlihat seperti gabus dipotong-potong kecil sesuai selera, kemudian direndam dengan air garam selama beberapa hari. Bagi masyarakat Banjar, mandai ini merupakan alternatif lauk pengganti daging loh. Mungkin karena teksturnya yang agak mirip dengan daging. Soal rasa, silakan cicipi sendiri saat berkunjung ke Banjarmasin.

2. Sup Mutiara

6 Makanan Khas Banjarmasin Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan Begitu Sajaresepnusantara.id/Della Putri

Sup Mutiara merupakan kuliner khas suku Tionghoa di Banjarmasin. Biasanya sup mutiara disajikan saat perayaan Imlek atau perayaan-perayaan besar lainnya. Kuliner satu ini memang cukup sulit ditemukan di rumah-rumah makan di Banjarmasin karena lebih banyak dikenal di kalangan tertentu. Kuliner ini dinamakan sup mutiara karena di dalamnya terdapat bakso kerikil atau bakso berukuran kecil-kecil layaknya mutiara. Bakso yang digunakan dibuat dari daging ayam yang digiling yang kemudian dicampur dengan kentang dan bawang putih halus.

3. Sayur kambang tigarun

6 Makanan Khas Banjarmasin Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan Begitu Sajaresepnusantara.id/Alya Yura

Sayur kambang tigarun merupakan lalapan mayarakat Banjar yang saat ini sudah cukup langka dan sulit ditemukan. Karena sayuran ini termasuk sayur musiman yang hanya bisa dipetik dan diolah ketika kembangnya sudah mekar. Biasanya pada saat air sungai pasang. Untuk bisa menikmati sayur ini kamu bisa memesan terlebih dahulu pada para penjual, seperti penjual-penjual di pasar terapung. Uniknya, sayuran ini memiliki rasa yang pahit dan aroma yang mencolok, namun cukup diminati oleh wisatawan.

Jangan takut. Coba dulu aja, siapa tau ketagihan. 

Baca Juga: 6 Kedai Kopi Kekinian di Banjarmasin Ini Asyik Buat Ngerjain Tugas

4. Cacapan asam

6 Makanan Khas Banjarmasin Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan Begitu Sajaberi.web.id

Masyarakat Banjar akrab dengan menu masakan yang bercita rasa pedas, manis, asam, dan gurih. Salah satu contohnya seperti cacapan asam, yaitu perpaduan antara rasa asam, pedas, dan asin. Cacapan asam biasa disantap sebagai makanan pendamping (cocolan) saat makan. Biasanya, cacapan asam berisi cincangan buah-buahan yang berasa asam dipadukan dengan bumbu-bumbu berupa garam, bubuk penyedap rasa, cabai rawit, bawang merah, dan asam jawa.

5. Gangan asam patin

6 Makanan Khas Banjarmasin Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan Begitu Sajamakananoleholeh.com/Candra

Gangan merupakan sayur dalam bahasa Banjar. Salah satu olahan ikan patin yang terkenal di Banjarmasin yaitu gangan asam patin. Karena menggunakan ikan patin, maka sayur ini mempunyai kuah yang berlemak. Di dalamnya terdapat campuran kacang panjang, labu siam, tomat serta kol. Tak lupa pula menambahkan belimbing wuluh serta cabai hijau utuh. Perpaduan rasa yang khas sungguh menggugah selera.

6. Gangan humbut

6 Makanan Khas Banjarmasin Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan Begitu Sajamakananoleholeh.com/Candra

Humbut sendiri di daerah Banjar merupakan rebung atau tunas pohon kelapa. 

Humbut banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Masakan khas Banjarmasin yang digemari banyak orang ini dimasak hanya dengan bumbu bawang merah yang dicampur dengan santan, kacang panjang, labu, dan humbut itu sendiri. Masakan bercita rasa manis dan gurih ini mampu menggoyang lidah. Cukup mudah ditemui di rumah-rumah makan di Banjarmasin. 

Masih banyak lagi ragam kekayaan kuliner di Nusantara, khususnya Banjarmasin. Kalian bisa coba salah satunya saat berlibur ke Banjarmasin. 

Baca Juga: 9 Sajian Kuliner Tradisional Jawa Timur yang Dibungkus Daun Pisang

Dewi Yulia Photo Writer Dewi Yulia

IG/Twitter ~ @dewiiy_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya