Comscore Tracker

5 Cara dan Tips Pesan Minuman di Starbucks, biar Gak Bayar Mahal

Niatnya cari promo, tahunya tetap bayar mahal

Kamu pasti sudah gak asing lagi dengan kedai kopi ternama Starbucks. Kedai kopi internasional ini sangat populer dan disukai banyak orang, terutama bagi yang tinggal di kota-kota besar. 

Meskipun harga satu gelas kopi cukup mahal, tetapi sebagian orang tak keberatan dengan hal tersebut. Starbucks bisa ditemukan di mana pun, bahkan di beberapa kota kecil di Indonesia.

Ketenarannya sudah melambung, tetapi masih banyak yang belum memahami cara memesan kopi di Starbucks. Bahkan, ada saja yang minder karena tak tahu atau lupa caranya, meski sudah ke sana beberapa kali.  

Nah, biar gak bingung, berikut beberapa cara pesan minuman di Starbucks yang harus kamu pahami. 

1. Pilih jenis minuman

5 Cara dan Tips Pesan Minuman di Starbucks, biar Gak Bayar MahalIlustrasi kopi di Starbucks (bloomberg.com)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah datang ke Starbucks terdekat. Setelah itu, langsung menuju ke kasir untuk memilih jenis minuman.

Kamu bisa pilih jenis espresso, blend, cokelat, atau teh. Jika masih bingung, kamu bisa meminta saran pada barista supaya bisa memberikan pilihan yang sesuai dengan seleramu.

Setelah memilih jenis minuman, sang barista akan menanyakan apakah kamu ingin minuman panas atau dingin. Pilih sesuai dengan keinginanmu, ya!

2. Pilih ukuran gelas

5 Cara dan Tips Pesan Minuman di Starbucks, biar Gak Bayar MahalIlustrasi pilihan ukuran gelas di Starbucks (leaf.tv)

Selanjutnya, barista akan menanyakan ukuran gelas yang kamu inginkan. Starbucks memiliki beberapa ukuran gelas, yakni tall setara dengan 354 ml, grande setara dengan 473 ml, dan venti setara dengan 591 ml. 

Beberapa kedai Starbucks memiliki gelas dengan ukuran lain. Ada ukuran short setara dengan 236 ml dan trenta setara dengan 916 ml. Pada tahap ini, biasanya barista akan menanyakan namamu untuk ditulis di bagian luar gelas. 

3. Sebutkan bahan tambahan yang diinginkan

5 Cara dan Tips Pesan Minuman di Starbucks, biar Gak Bayar MahalIlustrasi minuman di Starbucks (bloomberg.com)

Kamu bisa meminta bahan tambahan seperti sirup, gula, atau whipped cream. Jika ingin menambah rasa manis, kamu bisa meminta gula atau sirup. Gula akan diberikan secara gratis, sedangkan tambahan sirup dikenakan biaya lagi. 

Starbucks menawarkan beberapa rasa sirup, mulai dari karamel, vanili, hingga hazelnut. Kamu bisa menanyakan rasa minuman pada momen-momen tertentu, seperti musim gugur, musim salju, atau musim semi yang disajikan di lokasi tertentu. 

Selain meminta tambahan rasa, kamu bisa menentukan cairan dasarnya. Beberapa minuman dibuat dengan cairan utama seperti air atau susu. Misalnya, jika kamu memesan cappucino, barista akan mencampurkan espresso dan susu. 

Jika kamu ingin minum kopi, tetapi gak menyukai rasa yang kuat, sebaiknya minta pada barista untuk mengurangi kadar kafein. Sebaliknya, kamu juga bisa menambah kadar kafein untuk meningkatkan energi, tentu saja dengan biaya tambahan.

Pahami pula penawaran susu tertentu. Biasanya barista akan menawarkan kamu penggunaan susu almond atau kedelai. Hal ini berbeda dengan susu dasar yang telah digunakan pada minuman. Artinya, kamu harus menambah biaya untuk penggunaan susu yang berbeda tersebut. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Ngopi Hits di Jakarta untuk Rileks dan Chill

4. Tentukan cara pembayaran

5 Cara dan Tips Pesan Minuman di Starbucks, biar Gak Bayar MahalIlustrasi membayar minuman di Starbucks (mobiletransaction.org)

Jika sudah selesai memesan minuman, langkah selanjutnya adalah membayar. Starbucks menyediakan pembayaran secara tunai, kartu debit atau kredit, dan membership.

Kamu bisa menanyakan promo yang ada dalam waktu-waktu tertentu. Barista akan memberi informasi promo untukmu.

Setelah selesai membayar, kamu tinggal menunggu minuman diproses, lalu namamu akan dipanggil saat minuman siap disajikan. 

5. Tips pesan minuman di Starbucks

5 Cara dan Tips Pesan Minuman di Starbucks, biar Gak Bayar MahalIlustrasi barista Starbucks melayani pembeli (tenderly.medium.com)

Ada beberapa tips saat memesan minuman di Starbucks yang bisa kamu terapkan, antara lain:

  • Hindari menggunakan HP saat sedang memesan di kasir. Selain kurang sopan, kamu akan kehilangan fokus dengan pesananmu dan berpotensi terjadi kesalahan. 
  • Jika ada uang lebih, berikan tip untuk barista. 
  • Jangan ragu dan malu bertanya soal jenis minuman yang ada pada menu. 
  • Simpan struk pembelian sebelum minuman selesai dibuat. Hal ini untuk menghindari kamu dari kesalahan mengambil minuman. Bisa saja ada orang dengan nama yang sama dan membeli minuman yang sama seperti yang kamu pesan. 
  • Jika tak ingin ada biaya tambahan, kamu tak perlu meng-iya-kan berbagai penawaran dari barista.
  • Cek kembali minuman yang dipesan saat mengambil di bar. 
  • Jika minum di tempat, buanglah bekas gelas di tempat sampah yang disediakan. 

Nah, itulah beberapa cara memesan minuman di Starbucks yang benar. Sekarang sudah gak bingung lagi, kan? Jangan lupa bagikan informasi ini ke temanmu yang baru pertama kali membeli minuman di Starbucks ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Kedai Starbucks Paling Unik dan Instagramable di Dunia, Bikin Betah

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya