Comscore Tracker

Kenali 5 Perbedaan Caramel Latte dan Caramel Macchiato Ini!

Biar kamu gak salah pesan

Kopi merupakan salah satu minuman populer di kalangan anak muda. Namun, sebagian orang kurang menyukai rasa kopi yang pekat seperti kopi hitam. 

Alhasil, banyak yang memilih olahan kopi dengan campuran susu. Caramel latte dan caramel macchiato menjadi yang paling populer. 

Meskipun kedua jenis kopi ini memiliki unsur karamel, ternyata bahan-bahan yang digunakan berbeda, lho. Begitu pula dengan rasanya. Mungkin kamu kerap bingung dengan perbedaan keduanya.

Sebenarnya mudah untuk membedakan kedua minuman ini. Yuk, simak baik-baik perbedaan caramel latte dan caramel macchiato  di bawah ini!

1. Komposisi

Kenali 5 Perbedaan Caramel Latte dan Caramel Macchiato Ini!Ilustrasi mengolah espresso (unsplash.com/nh7_)

Caramel latte dan caramel macchiato menggunakan espresso dan susu berbusa. Bedanya hanya pada penggunaan sirup. Caramel latte menggunakan sirup karamel, sedangkan caramel macchiato menggunakan sirup vanila.

2. Takaran susu

Kenali 5 Perbedaan Caramel Latte dan Caramel Macchiato Ini!Ilustrasi menuangkan susu ke dalam kopi (unsplash.com/taylorrfranz)

Jumlah susu pada kedua minuman kopi ini pun berbeda. Caramel latte biasanya menggunakan 180 ml susu. Sementara caramel macchiato menggunakan 120 ml susu.

3. Tekstur

Kenali 5 Perbedaan Caramel Latte dan Caramel Macchiato Ini!Ilustrasi caramel latte (unsplash.com/photojess)

Caramel latte terbuat dari espresso dan campuran susu yang lebih banyak daripada caramel macchiato, sehingga tekstur caramel latte lebih kental atau creamy. 

Baca Juga: 10 Menu Kopi Terpopuler di Kafe, Pahami Ya biar Gak Salah Pesan!

4. Rasa

Kenali 5 Perbedaan Caramel Latte dan Caramel Macchiato Ini!Ilustrasi caramel latte (unsplash.com/pauleinerhand)

Rasa susu pada caramel latte cenderung kuat, begitu pula dengan manisnya. Sedangkan, caramel macchiato lebih terasa espressonya dengan rasa manis yang ringan.

5. Kopi mana yang jadi selera kamu?

Kenali 5 Perbedaan Caramel Latte dan Caramel Macchiato Ini!Ilustrasi caramel macchiato (unsplash.com/karishea)

Kedua minuman ini bisa dipilih berdasarkan selera kamu. Kalau kamu menyukai rasa kopi yang lebih kuat, maka pilihlah caramel macchiato.

Namun, jika suka dengan tekstur yang lembut dan rasa kopi yang ringan, cobalah caramel latte. Jadi, kamu lebih suka yang mana? 

Itulah beberapa perbedaan caramel latte dan caramel macchiato yang perlu kamu pahami. Meski keduanya memiliki nama yang hampir sama, tetapi nyatanya ada perbedaan, kan? 

Baca Juga: [QUIZ] Berdasarkan Kopi Pilihanmu, Anggota BLACKPINK Ini Cocok Nongkrong denganmu

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya