Comscore Tracker

5 Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Limau, Jangan Sampai Keliru!

Kamu lebih sering menggunakan yang mana?

Jeruk nipis dan jeruk limau, sekilas keduanya terlihat sama, ya? Selain membuat rasa masakan lebih segar dan nikmat, kedua jeruk ini juga memiliki manfaat lain untuk masakan. 

Nah, buat kamu yang baru belajar memasak, mungkin mengalami kesulitan saat membedakan kedua jeruk ini. Supaya gak bingung, apalagi salah menggunakan, yuk simak perbedaan jeruk nipis dan jeruk limau berikut ini! 

1. Perbedaan bentuk dan ukuran

5 Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Limau, Jangan Sampai Keliru!(ilustrasi jeruk nipis) instagram.com/delvagraphi

Dari segi bentuk dan ukuran, tampilan jeruk nipis yang sudah matang tampilan agak bulat, tetapi cenderung lonjong. Ukuran jeruk nipis lebih besar dibanding jeruk limau. Sedangkan, jeruk limau memiliki bentuk bulat dan ukuran yang kecil. 

2. Perbedaan tekstur dan warna

5 Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Limau, Jangan Sampai Keliru!(ilustrasi jeruk limau) instagram.com/siomayaan

Jeruk nipis memiliki kulit berwarna hijau cerah dibanding jeruk limau yang berwarna hijau tua. Bahkan, beberapa jeruk nipis cenderung berwarna hijau kekuningan. Sedangkan, tekstur kulit buah jeruk nipis cenderung halus dibanding kulit jeruk limau yang agak kasar.

3. Perbedaan rasa dan aroma

5 Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Limau, Jangan Sampai Keliru!(ilustrasi jeruk nipis) instagram.com/dapurbukrien

Meski keduanya sama-sama jeruk, tetapi jeruk nipis memiliki rasa yang asam lebih dominan dibanding jeruk limau. Selain itu, rasanya agak pahit dan mengandung sensasi dingin.

Sedangkan, aroma wanginya jeruk limau aroma lebih menyengat saat dibelah. Jeruk nipis juga beraroma wangi, tapi gak terlalu menyengat. 

Baca Juga: 5 Perbedaan Kentang Merah dan Putih, Bukan Cuma Warnanya yang Tak Sama

4. Perbedaan bagian dalam jeruk

5 Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Limau, Jangan Sampai Keliru!(ilustrasi jeruk limau) instagram.com/rizkiblack_motret

Saat kedua jeruk ini dibelah, kamu bisa melihat perbedaan bulir dan jumlah airnya. Jeruk nipis memiliki daging buah yang lebih banyak dan berwarna kekuningan.

Bijinya pun lebih kecil dan memiliki bulir berwarna kuning kehijauan. Selain itu, jeruk nipis juga memiliki jumlah air yang cukup banyak. 

Sedangkan, jeruk limau memiliki daging berwarna kuning kehijauan dengan biji yang bulat dan lebih besar. Bulir jeruk limau pun cenderung kecil dan berwarna hijau muda. Namun, jeruk limau memiliki jumlah air yang sedikit. 

5. Perbedaan fungsi dalam masakan

5 Perbedaan Jeruk Nipis dan Jeruk Limau, Jangan Sampai Keliru!(ilustrasi jeruk nipis pada bahan makanan) maangchi.com

Jeruk nipis biasanya digunakan sebagai penghilang bau pada ikan atau daging, penambah rasa asam alami pada masakan, hingga bisa membuat tekstur daging menjadi empuk.

Sedangkan, jeruk limau biasanya digunakan untuk perasa alami pada makanan yang berbumbu kacang seperti siomay, gado-gado, batagor, atau pecel. Jeruk limau juga sering digunakan pada olahan sambal.

Nah, sekarang sudah tahu, kan apa saja perbedaan jeruk nipis dan jeruk limau? Jadi jangan sampai bingung atau salah pilih lagi, ya!

Baca Juga: 5 Perbedaan Nangka dan Cempedak, Buah Tropis yang Sering Disamakan

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya