Comscore Tracker

Rekomendasi 7 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba Turis

Makanan khasnya enak banget!

Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar kata Pulau Kalimantan? Hutan, suku dayak, orang utan, atau calon ibu kota baru? Tidak sepenuhnya salah sih, tapi jangan lupa Kalimantan juga memiliki sejumlah kuliner yang bikin ngiler.

Berikut ini 7 makanan khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kalimantan!

1. Manday

Rekomendasi 7 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba Turiscookpad.com/Sii Trias

Makanan khas Kalimantan yang satu ini terbuat dari cempedak. Konon hidangan lezat ini mirip dengan gudeg yang ada di Jogja. Namun, karena terbuat dari cempedak, Manday memiliki rasa khas asam yang gurih.

Sebelum di olah, cempedak diawetkan terlebih dahulu menggunakan garam. Setelah beberapa hari, cempedak yang sudah diawetkan kemudian dimasak dengan rempah-rempah.

2. Soto Banjar

Rekomendasi 7 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba Turisdaftarkulinerindonesia.com

Soto khas Suku Banjar Kalimantan Selatan ini adalah yang paling banyak dicari wisatawan lokal maupun internasional. Bedanya dengan soto pada umumnya, soto banjar ini tidak disajikan dengan lontong atau nasi, namun dengan ketupat.

Aroma kayu manis, cengkh dan biji palanya yang khas juga menjadi salah satu keunggulan dari soto banjar ini. Ditambah suwir-suwiran daging ayam, telur, kobis dan wortel membuat soto bajar semakin lezat untuk dinikmati. Penjual soto ini juga sering menyajikan menu sampingan seperti sate ayam.

Baca Juga: 5 Wisata Pantai di Kalimantan Timur yang Paling Patut Dikunjungi 

3. Ketupat Kandangan

Rekomendasi 7 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba Turiscookpad.com/Nurul Faridah

Disebut ketupat kandangan karena hidangan ini merupakan makanan khas dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan. Jika di pulau Jawa biasanya ketupat disajikan dengan sayur pepaya atau opor ayam, di Kalimantan ketupat kandangan disajikan dengan ikan gabus.

Ikan gabus diolah bersama santan dan beberapa rempah-rempah khas seperti kayu manis, pala, cengkih, dan kapulaga. Hidangan gabus kemudian disiramkan ke ketupat sehingga rasanya menjadi sangat gurih dan lezat.

4. Iwak Pakasam

Rekomendasi 7 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba Turiskumparan.com

Masih makanan khas dari Suku Banjar, Kalimantan Selatan, Iwak Pakasam merupakan makanan khas yang terdiri dari ikan air tawar yang sudah difermentasi. Ikan air tawarnya pun tidak sembarangan yakni ikan papayu, ikan sepat, ikan mangki dan ikan gabus.

Setelah ikan difermentasi menggunakan garam dan taburan beras ketan, maka Iwak Pakasan sudah bisa digoreng dan disajikan. Bisa juga dimasak dengan cabai dan gula.

5. Bubur Pedas

Rekomendasi 7 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba Turisbackpackerjakarta.com

Beralih ke Kalimantan Barat, hidangan khas bubur pedas ini mudah dicari untuk para pelacong. Pasalnya di Pontianak bubur pedas biasa dijual gerobak di pinggir jalan.

Bubur ini berbeda dengan bubur pada umumnya. Terdiri dari bubur nasi, daun bawang, kacang, ikan teri dan beberapa rempah-rempah serta tidak lupa kecap asin membuat bubur pedas semakin sedap di santap.

6. Amparan Tatak

Rekomendasi 7 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba Turisresepkoki.id

Beralih ke hidangan desert, Amparan Tatak adalah kue tradisional khas Kalimantan Selatan. Terbuat dari tepung sagu, tepung beras, santan dan campuran pisang membuatmu tidak berhenti mengunyah. Ada juga Amparan Tatak yang memiliki campuran buah nangka.

7. Bingka Baradam

Rekomendasi 7 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba Turisresepkoki.id

Masih dengan kue dari Kalimantan Selatan, kue baradam amat disukai turis mancanegara seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Kue ini sayangnya hanya muncul di bulan Ramadan saja.

Baradam diambil dari kata berendam dalam bahasa Banjar. Kue bingka direndam dengan saus manis seperti sirup gula.

Bagaimana? Terlihat lezat bukan?masih banyak lagi kuliner khas Kalimantan yang wajib kamu coba, lho!

Baca Juga: 5 Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Enak Sedap Tiada Duanya

Dian Nita Photo Verified Writer Dian Nita

Don't be trapped in someone else dream

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You